Kades Weleri Kendal Ungkap Layanan Pak Kades Mantab Permudah Urus Adminduk

Kepala Desa Weleri, Kiswoyo. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

Kepala Desa Weleri, Kiswoyo. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id Kepala Desa Weleri, Kiswoyo menyebutkan bahwa inovasi Administrasi Kependudukan di Kantor Desa Mudah, Amanah, Tanpa Biaya (Pak Kades Mantab) merupakan salah satu inovasi kolaborasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan desa dalam rangka mempermudah pelayanan pengurusan administrasi penduduk (adminduk). 

Pelayanan Pak Kades Mantab menurut Kiswoyo sangat memudahkan dan mendekatkan pelayanan adminduk kepada masyarakat.

“Karena warga tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor Disdukcapil ataupun ke UPTD Kecamatan, hanya datang ke kantor desa masing-masing sudah bisa dilayani,” ungkap Kiswoyo, Selasa, 21 Mei 2024.

Urus Administrasi Kependudukan, 164 Desa di Kendal Sudah Terapkan “Pak Kades Mantab”

Kiswoyo mengatakan hingga saat ini Desa Weleri sudah melaksanakan pelayanan Pak Kades Mantab selama tiga tahun. 

“Kolaborasi dengan Disdukcapil terkait pelayanan administrasi kependudukan ini kurang lebih sudah 3 tahun,” ujarnya.

Menurutnya warga Desa Weleri sangat antusias memanfaatkan layanan Pak Kades Mantab karena mempermudah pelayanan dan menghemat waktu dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Ya Alhamdulillah, sejak pertama kali kita berkolaborasi kami dari pihak desa juga terus melakukan sosialisasi kepada warga melalui pertemuan Rt atau Rw hingga di acara-acara desa. Para warga juga merespons positif terkait pelayanan itu,” terangnya. 

Ia menyampaikan jam operasional layanan adminduk di Weleri dibuka mulai jam 07.30 hingga 15.00 WIB.

“Kalau bukanya sih pagi, sekiranya jam 07.30 pagi, hingga sore,” pungkasnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version