Gunakan Metode Door to Door, Vaksinasi Karimunjawa-Jepara Capai 97,12 Persen

VAKSINASI LANSIA DI KARIMUNJAWA

PERCEPATAN: Tenaga kesehatan saat melakukan vaksinasi door to door di Karimunjawa, baru-baru ini. (Istimewa / Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah menginstruksikan percepatan proses vaksinasi di Karimunjawa. Menindaklanjuti instrukri tersebut, saat ini, Jumat (4/11), capaian vaksinasi di Karimunjawa sudah mencapai 97,12 persen.

Kepala Puskesmas Karimunjawa, Suhadi, mengatakan untuk mencapai 100 persen pihak Puskesmas terus melakukan vaksinasi door to door ke rumah warga. Hal ini supaya pembentukan herd immunity (kekebalan komunal) segera tercapai.

“Ini sebagai upaya pelayanan kesehatan masyarakat di wilayah kepulauan terpencil. Salah satunya door to door,” kata dia.

Tidak hanya bagi mereka yang tinggal di Karimunjawa, lanjut Suhadi, tapi juga menyeberang dengan menggunakan kapal dari Karimunjawa untuk sampai di Kepulauan Parang, Nyamuk, dan Genting yang cukup jauh dari keterjangkauan fasilitas kesehatan.

Vaksinasi Lansia Masih Rendah, Jepara Kembali Masuk PPKM Level 3

“Ini untuk menjangkau warga lanjut usia yang ada di sana,” jelas dia.

Suhadi mengungkapkan, hingga akhir bulan November target vaksinasi sebanyak 8.128 orang untuk dosis pertama sudah tercapai 7.894 orang (97,12 persen). Sedangkan untuk dosis kedua tercapai 5.621 orang (69,15 persen).

Kendati demikian, keterbatasan tempat tinggal mereka dengan fasilitas pelayanan kesehatan menjadi kendala mereka untuk melakukan vaksinasi. Sehingga yang tepat dengan melakukan jemput bola atau door to door. Selain itu banyak warga yang meninggal dunia yang masih tercatat dalam Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Diketahui, Pemkab Jepara menargetkan sebanyak 922.450 warga Jepara harus divaksin Covid-19. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)