RSUD Jepara Buka Layanan Kejiwaan

bupati jepara

BERI KETERANGAN: Bupati Jepara Dian Kristiandi (tengah) dan Dokter Spesialis Jiwa RSUD RA Kartini Rines Harlen Theodora (kanan) saat menjelaskan mengenai pelayanan klinik eksekutif MCU dan Kapasitas Mental di RSUD RA Kartini kepada awak media, Jumat (12/11). (Adhik Kurniawan / Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RA Kartini Kabupaten Jepara membuka pelayanan baru, yakni klinik eksekutif MCU dan Kapasitas Mental. Klinik ini melayani kejiwaan berupa kecakapan mental, screening kesehatan, dan penilaian kapasitas atau meningkatkan mental.

Dokter Spesialis Jiwa RSUD RA Kartini, Rines Harlen Theodora menjelaskan, kecakapan mental contohnya, berupa kasus adopsi terhadap kasus perceraian. Di mana ada perceraian dan menentukan siapa yang berhak mengasuh anak tersebut.

“Di sini kita bisa melakukan evaluasi. Keputusan medis diperlukan untuk mengetahui kecakapan mentalnya,” jelas Rines, usai peresmian MCU dan Kapasitas Mental di RSUD Kartini Jepara, Jumat (12/11).

Lebih lanjut, Rines mengatakan, mengenai screening kesehatan khusus, dapat dilakukan untuk pejabat publik atau pekerja tertentu. Sedangkan kapasitas mental, untuk menilai kesehatan mental sekaligus membantu dalam meningkatkan.

“Jadi kita dibantu oleh 4 psikiater dan 3 psikolog klinis,” pungkas Rines.

Senada, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, kesehatan mental juga penting bagi masyarakat. Maka dari itu, Bupati meminta setiap masyarakat untuk memeriksa kesehatan sebelum sakit. Baik itu sekedar cek kondisi tubuh maupun kesehatan.

“Pelayanan pasti masih ada kurangnya, tapi tetap saja, kita harus berharap semoga ke depannya RSUD Kartini selalu meningkatkan kapasitas dalam memberi pelayanan kepada masyarakat. Kritik dan masukan dari luar menjadi bagian untuk tumbuh kembang,” imbuh Andi, sapaan akrabnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)