Hidupkan Pusat Kuliner Purwodadi, Pedagang Gandeng Seniman Reog

Pusat Kuliner Purwodadi

MENJIWAI: Seniman reog saat tampil di Pusat Kuliner Simpang Lima Purwodadi, baru-baru ini. (Muhamad Ansori/Lingkarjateng.id)

GROBOGAN, Lingkarjateng.id – Untuk menarik pengunjung di Pusat Kuliner Purwodadi, sejumlah seniman reog Grobogan tampil di lokasi pusat jajanan yang berpusat di Simpang Lima Purwodadi. Hal ini sebagai terobosan untuk menggeliatkan kembali pusat kuliner Purwodadi yang sepi pengunjung selama pandemi Covid-19.

Para pedagang di Pusat Kuliner Purwodadi sengaja menggandeng seniman reog tampil di kawasan tersebut. Dengan adanya penampilan para seniman reog ini, mereka berharap Pusat Kuliner Purwodadi serasa hidup kembali.

“Penampilan seniman reog bertujuan untuk menarik pembeli datang ke Pusat Kuliner Purwodadi yang sepi pengunjung sejak pandemi,” ujar Kusmiyatun, salah satu pedagang, kemarin.

Pedagang Berharap Direlokasi ke Alun-alun Timur Pati Secepatnya

Sementara itu, menurut Ketua Panggung Berkarya Pasar Kuliner Purwodadi, Abi Manyu mengatakan, kegiatan panggung hiburan seni tersebut memberikan wadah seniman untuk tampil di Pasar Kuliner Purwodadi. Selain untuk hiburan, sekaligus menarik pengunjung.

Selain hiburan seni reog, digelar juga musik akustik setiap Sabtu malam. Sedangkan biaya untuk sewa panggung dan sound sistem diambilkan dari iuran pengurus PKL Pasar Kuliner Simpang Lima Purwodadi.  Sementara untuk pelaku seni sendiri mendapatkan imbalan dari saweran.

Adanya panggung hiburan, diharapkan bisa menarik pengunjung untuk datang. Di mana pengunjung bisa menikmati hiburan dengan menikmati wisata kuliner di wilayah setempat, sehingga ekonomi pedagang dan seniman kembali bangkit.

“Ini untuk membantu pedagang dalam segi ekonomi meningkat. Kemudian untuk membantu seniman supaya bisa berekspresi dan menghibur masyarakat sesuai bakat masing-masing dari pelaku seni itu sendiri,” ujarnya. (Lingkar Network | Muhamad Ansori – Koran Lingkar)