Yuk Ikuti, 6 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadhan

Yuk Ikuti, 6 Tips Belanja Hemat di Bulan Ramadhan

ILUSTRASI: Belanja kebutuhan pokok. (pressfoto from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idSaat memasuki bulan Ramadhan, biasanya berbagai bahan pokok mengalami kenaikan harga. Sehingga, pengeluaran kita menjadi lebih boros. Mungkin, kita berharap di bulan puasa pengeluaran akan sedikit lebih hemat. Hal ini karena kita berpikir bahwa, saat berpuasa kita akan jarang sekali makan siang atau jajan.

Namun nyatanya, kebanyakan dari kita justru mengeluarkan uang yang lebih banyak pada saat bulan puasa tiba, dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Hal ini disebabkan beberapa hal misalnya, sering mengadakan acara buka puasa bersama teman-teman atau rekan kerja, suka menghidangkan makanan berbuka besar-besaran, atau belanja baju untuk merayakan hari Raya Idul Fitri.

Bukan hal yang tidak mungkin, jika kita ingin berhemat di bulan Ramadhan. Kita tentu bisa mengontrol keuangan agar tidak boros.

Mengantuk saat puasa di bulan Ramadhan? Coba cara ini untuk usir rasa kantukmu

Ampuh, 5 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Puasa di Bulan Ramadhan

Lalu, bagaimana agar bisa tetap berhemat di bulan Ramadhan?. Ada beberapa tips belanja hemat yang bisa kamu coba terapkan untuk mengontrol pengeluaran di bulan Ramadhan.

Berikut ini penjelasan dari tips-tips di bulan Ramadhan yang bisa kita coba untuk belanja hemat:

1. Membuat takjil sendiri

Ketika bulan puasa, banyak sekali pedagang berjualan takjil yang segar, dengan tampilan warna-warni, dan rasa yang manis. Tentunya ini sangat menarik kita untuk membeli takjil. Saat berpuasa, makanan manis atau minuman yang menyegarkan selalu punya daya tarik untuk kita beli semua, padahal pada bulan-bulan biasa pun makanan dan minuman yang kita beli tampak biasa saja.

Nah, jika kamu tidak bisa menahan untuk memborong, maka keuangan kamu dipastikan akan kering. Lalu, bagaimana jika kita benar-benar menginginkan takjil tersebut? Kamu bisa menyiasati dengan memasak sendiri takjil yang kamu inginkan, dengan cara mencari resep di internet.

2. Bawa uang secukupnya saat belanja

Bawa uang lebih bisa membuat kita ingin belanja barang di luar kebutuhan yang seharusnya dibeli. Terlebih saat kita tiba-tiba melihat barang yang kita suka. Hal ini bisa saja kita mengalihkan belanja. Misalkan, yang seharusnya uang tersebut untuk membeli kebutuhan pokok malah berubah untuk membeli baju.

Oleh karena itu, cobalah untuk membawa uang secukupnya saja sesuai kebutuhan belanja yang sudah kamu tentukan. Misalkan dalam waktu satu minggu, kamu belanja dua kali dengan uang yang disiapkan sebesar Rp 200 ribu. Maka, kamu bisa belanja di hari pertama dengan budget Rp 100 ribu dan hari kedua sebesar Rp 100 ribu. Pembagian ini penting agar kita tidak belanja melebihi budget.  

3. Memanfaatkan diskon

Memanfaatkan diskon di bulan Ramadhan bisa menjadi cara yang kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran. Biasanya saat Ramadhan, banyak sekali supermarket, pusat perbelanjaan, dan online shop yang memberi diskon belanja.

Banyak penawaran yang bisa kamu manfaatkan seperti, bundling produk, diskon 50%, buy one get one dan lainnya. Meskipun banyak sekali diskon yang disediakan masing-masing toko, kamu juga harus ingat untuk tetap belanja sesuai kebutuhan saja.

4. Batasi berbuka di luar rumah

Saat bulan Ramadhan tiba, pasti banyak sekali ajakan untuk berbuka bersama. Bahkan, ada juga acara buka bersama sekaligus reuni. Nah, saat seperti ini sebaiknya kamu harus bisa memilih mana yang perlu kamu prioritaskan dari ajakan tersebut.

Sebaiknya, kamu pilih yang memang benar-benar harus kamu datangi. Jangan sampai kamu terlalu memaksakan dirimu sendiri untuk menghadiri semua ajakan, jika kamu tidak ingin kantong kamu kering.

5. Cari alternatif barang yang lebih murah

Salah satu tips yang harus kamu lakukan untuk belanja hemat adalah dengan mencari alternatif barang yang lebih murah. Kamu bisa membandingkan harga dari beragam produk yang akan kamu beli. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu.

Jangan lupa untuk selalu menahan diri membeli barang yang tidak penting, meskipun ada banyak penawaran dan diskon besar-besaran. Tetaplah belanja dengan memprioritaskan produk-produk yang benar-benar sedang kamu butuhkan.

6. Buat daftar belanja yang jelas

Sebagian besar dari kita, jika berbelanja jarang membuat daftar belanja dengan jelas. Membuat daftar belanja yang jelas, bersifat sangat penting baik untuk belanja mingguan atau bulanan.

Hal ini bisa melindungi kita dari godaan diskon dan membeli barang-barang yang seharusnya tidak perlu dibeli. Jika daftar belanja sudah jelas, maka jangan lupa kamu untuk membawa uang yang cukup saja dan tidak berlebihan.

Jaga lisan agar puasa tak sia-sia dengan cara di bawah ini

5 Tips Mudah Menjaga Lisan Agar Puasa Tak Sia-Sia di Bulan Ramadhan

Itulah beberapa tips yang bisa kita coba untuk belanja hemat di bulan Ramadhan, mudah bukan? Jadi, bukan hal yang tidak mungkin jika kita bisa berhemat, asalkan kita bijak dalam mengelola keuangan. Jangan sampai, kita mudah tergiur untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)