*Oleh: Nike Yunastri, S.Pd Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Karangpucung, Cilacap, Jawa Tengah
BAHASA merupakan sistem lambang bunyi yang Arbitrer yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerjasama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri (KBBI).
Bahasa juga merupakan alat komunikasi antara orang yang satu dengan yang lain. Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan.
Bahasa juga merupakan suatu alat untuk menyampaikan gagasan, perasaan atau keinginan (Wikipedia).
Seperti yang kita ketahui Bahasa Inggris adalah bahasa international. Jika seseorang memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik, ia akan lebih mudah berkomunikasi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia.
Dalam mempelajari bahasa khususnya Bahasa Inggris, anak-anak mungkin akan mengalami berbagai kendala, baik dalam hal writing, listening, reading ataupun speaking.
Seorang anak harus terampil dalam menggunakan kosakata dan tata cara menggunakannya. Bahasa yang mereka gunakan sehari-hari adalah Bahasa Indonesia, yang merupakan bahasa Ibu (Mother Tongue).
Ada beberapa hal yang menghambat mereka untuk berbicara bahasa Inggris : tidak percaya diri, fokus pada grammar,enggan berbicara takut yang diucapkan benar atau tidak dan terbatasnya kosa-kata (vocabulary).
Ada beberapa metode untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris salah satunya yaitu dengan menggunakan metode Role-Play.
Menurut Santoso (2011), mendefinisikan role playing sebagai metode belajar yang di dalamnya siswa diminta untuk mendramatisasikan dan mengekspresikan tingkah laku, ungkapan, gerak-gerik seseorang dalam hubungan sosial antar manusia.
Metode pembelajaran role play ini juga mampu meningkatkan pengalaman belajar siswa seperti kemampuan kerjasama, komunikasi, memecahkan masalah, hingga menginterpretasikan suatu kejadian.
Melalui metode ini, siswa diharapkan mampu mendapatkan hubungan-hubungan antarmanusia dengan cara memperagakan dan mendiskusikannya.
Dengan metode Role Play ditemukan keefektifan dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris khususnya siswa SMP. Ada beberapa kelebihan menggunakan metode Role-Play antara lain :
- Menumbuhkan motivasi dan semangat anak terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris sehingga mereka antusias untuk meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris.
- Membangkitkan percaya diri dalam berbicara Bahasa Inggris
- Siswa bisa terjun langsung dan mempraktikannya
- Menambah perbendaharaan kosa-kata bahasa inggris
- Mendapatkan pengalaman yang berkesan ketika membawakan sebuah peran dalam sebuah cerita.
Metode Role play terbukti dapat menumbuhkan motivasi siswa ketika siswa diberikan tanggung jawab penuh dalam kegiatan berbicara dengan peran yang mereka mainkan, mereka mampu mengekspresikan diri mereka dalam dalam tokoh yang mereka perankan.