Supervisi Akademik Dengan Mengembangkan Lesson Study Meningkatkan Kinerja Guru

SUPARTI S.Pd SD

Oleh : SUPARTI, S.Pd SDKepala SDN Langgenharjo 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati

Lesson study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Sumar Hendayana, dkk, 2009: 5). Selain itu Styler dan Hiebert (Susilo, 2009: 3) mengatakan bahwa: Lesson study adalah suatu proses kolaboratif pada sekelompok guru ketika mengidentifikasikan masalah pembelajaran, merancang suatu skenario pembelajaran (yang meliputi kegiatan mencari buku dan artikel mengenai topik yang akan diajarkan); membelajarkan peserta didik sesuai dengan skenario (salah seorang guru melaksanakan pembelajaran sedangkan yang lain mengamati), mengevaluasi dan merevisi skenario pembelajaran, membelajarkan lagi skenario pembelajaran yang telah direvisi, mengevaluasi lagi pembelajaran dan membagikan hasilnya dengan guru-guru lain (mendiseminasikannya).

Supervisi adalah program yang berencana untuk memperbaiki pengajaran. Program itu pada hakikatnya adalah perbaikan hal belajar dan mengajar (Sahertian, 2006:17). Sementara Muyasa (2006:111) menegaskan bahwa supervisi merupakan  suatu proses yang dirancang secara khusus untuk membantu para guru dan supervisor dalam mempelajari tugas sehari-hari di sekolah.  Proses pembelajaran akan lebih baik sangat tergantung kepada keterampilan seorang supervisor. Seorang supervisor yang baik harus memiliki keterampilan dasar yaitu antara lain; (1) keterampilan dalam berhubungan kemanusiaan, (2) keterampilan dalam proses kelompok, (3) keterampilan dalam kepemimpinan pendidik, (4) keterampilan dan mengatur personalia sekolah, dan (5) keterampilan dalam evaluasi(Aqib zaenal dan Rohmanto E, 2007:118)

Berdasarkan pada hasil penelitian pada siklus I dan Siklus II  terlihat adanya kenaikan nilai rata-rata: (1) Kinerja guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran di SD Negeri Langgenharjo 02  Kecamatan Juwana Kabupaten Pati pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 mengalami kenaikan dari pengamatan awal 58,37%, siklus I menjadi 70,10% dan siklus II menjadi 85,82%.  (2) Kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran melalui kegiatan lesson study di SD Negeri Langgenharjo 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati pada semester I tahun pelajaran 2022/2023 mengalami kenaikan yang signifikan dari pengamatan awal 54,96%, siklus I sebesar 77,11% dan siklus II sebesar 87,45%.  

Supervisi akademik dengan pengembangan lesson study yang dilakukan kepala sekolah terhadap guru di SD Negeri Langgenhajo 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati berimplikasi pada: (1) Kinerja guru SD Negeri Langgenhajo 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati dalam perencanaan pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari kondisi awal 58,37% pada siklus I menjadi 70,10% dan pada siklus II menjadi 85,82% 2) Kinerja guru SD Negeri Langgenhajo 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan yang signifikan yaitu dari kondisi awal sebesar 54,96% pada siklus I menjadi 77,11% dan pada siklus II menjadi 87,45%. 3) Rata-rata hasil kinerja guru mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 56,67% pada kondisi awal meningkat menjadi 73,60%, pada siklus I dan menjadi 86,64 pada siklus II, sehingga kualitas pembelajaran di SD Negeri Langgenhajo 02 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati menjadi lebih baik.

Exit mobile version