*Oleh: Edy sudarmawan, S.Pd., Pemerhati debat Bahasa inggris sekaligus pelatih ekstra kurikuler Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Kepanjen
BAHASA INGGRIS adalah Bahasa yang perlu di kuasai oleh para pelajar kita saat ini, selain sebagai Bahasa internasional, fungsi bahasa Inggris adalah Bahasa pengantar pengetahuan. Seperti kita ketahui bahwa banyak jurnal jurnal ilmiah , buku buku manual tertulis dalam bahasa Inggris sehingga apabila kita ingin menguasai banyak ilmu maka kita harus menguasai Bahasa inggris sebagai pengantarnya
Selain sebagai media pengantar pengetahuan, Bahasa Inggris perlu dikuasai oleh generasi kita untuk mempromosikan parriwisata dan budaya kita sebagai salah satu sumber devisa negara. Mengingat negara kita adalah salah satu negara yang mempunyai keindahan wisata alam dan buadaya yang luar biasa di dunia maka
Tetapi masalahnya adalah penguasan bahasa Inggris di generasi kita terutama pelajar kita mulai tingkatan sekolah dasar sampai perguruan tinggi masih sangatlah rendah di banding dengan beberapa pelajar di negara tetangga kita seperti Singapura, Malaysia dan Filipina sehingga itu sebagai penghambat pelajar kita dalam memperoleh atau mendalami ilmu pengetahuan dari luar negeri.buktinya adalah level universitas kita masih di bawah universitas dari Singapura dan Malaysia. Kemudian di lingkungan para pekerja di luar negeri, pekerja dari Filiphina lebih di minati jkarena para pekerja migran dari Filipina lebih menguasai bahasa Inggris dari pada pekerja dari Indonesia
Mengetahui masalah di atas, solusinya adalah kita harus mengembangkan kemampuan berbicara pelajar kita dalam menguasai bahasa Inggris yaitu dengan mengembangkan ekstra kurikuler debat Bahasa inggris. SMK Negeri 1 Kepanjen , sebagai salah satu sekolah unggulan di kabupaten Malang sudah menjadikan debat Bahasa inggris sebagai salah satu extra kurikuler unggulan sejak sekolah ini berdiri mulai tahun 2009 sampai sekarang. Kenapa extra ini menjadi ekstra unggulan karena ekstra debat bahasa Inggris di SMKN 1 kepanjen telah sering mendapatkan prestasi baik mulai dari tingkat kabupaten hingga tingkat nasional pernah di raih. Ada ratusan thropy yang di peroleh dari extra Bahasa inggris. Salah satunya dari cabang debat. Meskipun Namanya adalah EDS SMKN 1 Kepanjen atau English Debate Society of SMKN 1 Kepanjen tetapi di ekstra ini siswa siswi tidak hanya mempelajari debat Bahasa inggris saja tetapi juga story telling, speech dan news anchor. Di cabang tersebut EDS SMKN 1 Kepanjen juga banyak memperoleh kejuaraan
Hasil dari prestasi tersebut adalah banyak dari siswa siswi yang mengikuti extra debat bahasa Inggris di terima di PTN melalui jalur prestasi. Di PTN atau kampus yang mereka tempati , mereka juga di jadikan andalan kampus tersebut untuk di kirim mengikuti lomba lomba bahasa Inggris salah nsatunuya debat bahasa Inggris yaitu NUDC dan banyak dari mereka menorehkan prestasi untuk kampusnya baik sebagai juara maupun Best Speaker yang akhirnya menjadikan mereka sebagai juri lomba debat juga di beberapa event debat seperti di LKS SMK tingkat Provinsi Jawa Timur beberapa tahun lalu
Perlu di akui bahwa memang banyak keuntungan dari pelajar kita Ketika mereka mengikuti ekstra debat bahasa Inggris. setidaknya ada tujuh keuntungan jika pelajar kita mengikuti ekstra debat bahasa Inggris. Keuntungannya antara laen adalah :
1.Melatih berpikir kritis
Dalam debat, kita tidak boleh hanya memandang suatu hal dari satu arah. Kita harus dapat melihat suatu hal atau motion yang kita dapat dari berbagai arah, karena kita bisa saja menjadi affirmative (positif) team atau opposition (negatif) team. Hal itulah yang membuat siswa menjadi berpikir kritis
2. Melatih diri untuk berpikir cepat
Dalam lomba debat, biasanya motion diberikan beberapa menit sebelum lomba berlangsung jadi kita harus secepat mungkin mencari sebanyak mungkin informasi tentang motion tersebut dan mencerna informasi-informasi tersebut.
3. Terbiasa berbicara di hadapan banyak orang
Saat debat, setiap speaker akan diberi waktu untuk menyampaikan pendapat tentang motion tersebut dan biasanya waktunya yang diberikan adalah 7 menit 20 detik.
Kalau kita belum terbiasa bicara di depan umum, apalagi kita adalah tipe orang yang gak pede, waktu 7 menit 20 detik itu akan terasa sangat lama ditambah ada adjudicator yang memperhatikan untuk menilai kita. Terlebih, banyak orang yang nonton kalau sedang lomba, rasanya pasti berat. Oleh karena itu, keahlian berbicara di hadapan orang banyak dengan baik dapat dilatih dengan ikut klub debat.
4. Kaya akan pengetahuan
Seperti yang kita ketahui, dalam debat kita akan mendebatkan suatu motion. Nah, karena kita harus banyak tahu tentang motion tersebut agar bisa mendebat. Tanpa sadar siswa telah belajar banyak hal yang menambah pengetahuan .
5. Lancar berbahasa Inggris
Karena sudah terbiasa bicara pakai bahasa Inggris dan membaca tulisan berbahasa Inggris, skill bahasa Inggris siswa pun dapat meningkat dan tentunya tidak kaku lagi saat bicara pake bahasa Inggris.
6. Memperbanyak Sertifikat untuk CV pengajuan beasiswa dan melamar kerja
CV atau curriculum vitae adalah satu alat yang digunakan untuk mendaftar pekerjaan. Kalau siswa sering ikut lomba debat dan menang, sertifikat itu bisa cantumkan di CV siswa untuk menambah daya jual. Tentunya reviewer akan penasaran kalau di CV siswa ada tulisan 1st winner, 1st runner up, 2nd runner up dan lain-lain. CV ini juga bisa untuk mengajukan beasiswa ke PTN contohnya adalah siswa SMKN 1 Kepanjen yang mendapat juara banyak di terima kuliah di Politeknik Negeri Malang
7. Punya banyak teman
Tentunya siswa bakal punya banyak kenalan di luar sekolah jika siswa ikut klub debat dan sering ikut lomba debat. Punya banyak teman merupakan sebuah keuntungan besar karena siapa tau teman tersebut akan menjadi orang yang menolong di masa depan.
Melihat dari banyaknya keuntungan pelajar kita ketika mengikuti ekstra debat bahasa Inggris, maka sekiranya banyak dari pihak terkait seperti dinas Pendidikan dan kampus untuk lebih banyak berkontribusi dalam kegiatan ini dengan cara membuat lomba debat Bahasa inggris karena semenjak pandemi Covid-19 , lomba debat bahasa Inggris sangat jarang di banding sebelum pandemi Covid-19. Bahkan untuk pelajar SMK di Provinsi Jawa Timur, yang dahulu ada LKS ( lomba ketrampilan siswa ) cabang debat bahasa Inggris dan bahasa Indonesia sekarang sudah tidak ada. Padahal siswa siswi SMK sangat membutuhkan wadah untuk mengeksplorasi bahasa Inggris mereka karena SMK berkaitan erat dengan bahasa Inggris.
Kesimpulannya adalah mari, kita sebagai pengajar atau pelajar yang merupakan salah satu stake holder pendidikan dan juga dinas terkait yaitu dinas pendidikan untuk menggalakan kegiatan ekstra bahasa Inggris yang debat bahasa Inggris adalah salah satu cabangnya agar siswa siswi kitab isa memperoleh banyak pengetahuan dari ilmu yang tertulis dalam bahasa Inggris dan juga bisa berkomunikasi untuk mempromosikan bangs akita di kancah internasional.
Daftar Pustaka
- J. Murphy, James. (1961). Debater’s Guide.
- Prayudi Ludvianto, Meganusa. (2010). Handbook for Parliementary Debating, Jogja Debating Forum.
- Finkel , Victor. 2010. Monash Asosiation of Debaters, Edition 1.