Lingkarjateng.id – Social commerce atau berjualan melalui media sosial merupakan perkembangan inovasi dalam perdagangan digital yang tak bisa terhindarkan. Terbaru, para pelaku usaha yang merambah ke dunia digital kini menggunakan metode pemasaran dengan siaran langsung atau live shopping.
Fasilitas live shopping sebagai inovasi perniagaan daring menghadirkan kepraktisan berbelanja dengan interaksi seperti layaknya berkunjung ke lapak langsung. Meski tak memperoleh sensasi belanja konvensional sepenuhnya, setidaknya ada ruang untuk melihat-lihat keragaman produk, menanyakan kualitas bahan, serta varian, warna, dan ukuran yang tersedia. Juga harga khusus yang ditawarkan selama sesi siaran belanja berlangsung.
Ada banyak keuntungan yang ditawarkan dalam metode siaran langsung pemasaran digital. Berikut adalah lima di antaranya:
1. Bisa Interaksi Langsung dengan Pelanggan
Tren jualan dengan live shopping memang sedang tren, berbagai platform e-commerce pun telah menyediakan fitur ini. Salah satu keuntungan utama dari live shopping adalah bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan secara real time. Penjual dapat menjawab pertanyaan, memberikan informasi tambahan tentang produk, dan memberikan rekomendasi langsung kepada pelanggan. Ini menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih pribadi dan interaktif.
2. Meningkatkan Kesadaran Merek
Live shopping adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Dengan berinteraksi langsung dengan calon pembeli, penjual dapat menjelaskan produk dan layanannya dengan lebih detail dan menarik. Penjual juga bisa menunjukkan detail dari produk yang ditawarkan sehingga pembeli bisa menilai kualitas produknya. Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan dan kredibilitas merek.
3. Meningkatkan Engagement
Penjual dapat mengajak penonton untuk mengikuti kuis, undian, maupun penawaran khusus yang hanya bisa didapatkan jika membeli produk saat live streaming. Penjual juga menawarkan diskon, gratis ongkir, atau hadiah tertentu jika membeli produk bundle. Langkah pemasaran ini dapat menimbulkan dorongan bagi pelanggan unuk berpartisipasi aktif sehingga dapat meningkatkan penjualan.
4. Penjualan Lebih Cepat
Ada yang unik dari pemasaran digital melalui live shopping. Penawaran khusus yang diberikan selama siaran langsung termasuk ketika ketersediaan produk yang terbatas dapat menjadi dorongan untuk membuat konsumen segera mengambil tindakan. Pasalnya penjualan produk yang sama di luar waktu siaran bisa dijual dengan harga berbeda. Alhasil, produk bisa terjual lebih cepat ketimbang dipromosikan melalui foto saja.
5. Pemasaran yang Efisien
Live shopping adalah cara yang efisien untuk mempromosikan produk dan merek. Live shopping dapat menjangkau lebih banyak pelanggan daripada metode pemasaran tradisional karena dapat menjangkau audiens yang lebih luas, termasuk mereka yang tidak aktif di media sosial. Selain itu pelaku usaha rekaman video bisa digunakan kembali sebagai konten pemasaran di platform lain atau situs web.
Demikian lima keuntungan berjualan dengan metode pemasaran live streaming. Pelaku usaha dapat meningkatkan penjualan dan membangun merek dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)