5 Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda Usia 20-an

5-Jenis-Investasi-yang-Cocok-untuk-Anak-Muda-Usia-20-an

ILUSTRASI: Investasi yang cocok untuk anak muda. (jcomp from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id Di tengah arus perkembangan zaman yang melesat cepat, tentu kamu sebagai anak muda tidak mau tertinggal jauh. Salah satu hal yang harus kamu lakukan selain melek teknologi adalah melek investasi.

Jika kamu mulai investasi di usia 20-an, akan membuat kamu selangkah lebih maju ketimbang orang lain. Dari pada menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak perlu, lebih baik digunakan untuk berinvestasi.

Kamu memang hanya hidup sekali, oleh karena itu perlu dipersiapkan dengan baik, salah satunya dengan investasi di masa muda guna menjamin masa depan agar bisa mencapai tujuan.

Yuk Coba, Tips Menabung untuk Anak Muda Usia 20-an

Tuntutan masa depan dengan gaya hidup modern saat ini membuat kamu mewajibkan diri untuk mengatur keuangan. Investasi bisa menjadi pilihan kamu untuk menyiapkan dana masa depan. Mau tahu jenis investasi yang cocok untuk anak muda usia 20-an? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Tabungan berjangka

Apakah kamu suka menabung? Jika iya, kamu bisa mencoba tabungan berjangka. Tabungan berjangka ini merupakan salah satu jenis investasi yang cocok untuk anak muda. Tabungan berjangka berbeda dengan tabungan biasa, ya.

Tabungan berjangka punya bunga tinggi sesuai dengan jangka waktu menabung. Di tabungan berjangka, kamu hanya bisa mengambil tabungan di akhir jatuh tempo. Misalkan, dalam jangka waktu 3 tahun, 1 tahun, atau 6 bulan.

2. Emas digital

Jenis investasi yang cocok untuk anak muda selain tabungan berjangka adalah emas. Emas juga salah satu jenis investasi yang bisa kamu pilih. Bahkan, sejak zaman dahulu para orang tua dan kakek nenek telah memilih investasi emas yang berupa perhiasan. Namun, sekarang kamu bisa juga, lho investasi dalam wujud emas batangan dan emas digital.

Berbicara mengenai emas digital, ada beberapa kelebihan investasi emas digital sehingga cocok untuk anak muda usia 20-an yaitu minim risiko karena kamu tidak mungkin tertipu dengan emas palsu, dalam jangka panjang harga emas meningkat, syarat yang muda, dan terjangkau.

3. Saham

Investasi saham juga cocok, lho untuk anak muda usia 20-an. Penghitungan keuntungan yang terima dihitung berdasarkan jumlah saham yang kamu beli. Di mana satuannya adalah 1 lot sama dengan 100 lembar saham.

Untuk membeli saham, modal yang harus disiapkan juga lebih besar dibandingkan produk lain. Setidaknya kamu harus memiliki dana sekitar Rp 1 juta untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas dan membeli saham perdana sebanyak minimal 1 lot. Harga 1 lot ini berbeda-beda, ya. Hal ini karena tergantung harga di hari kamu transaksi.

4. Reksadana

Reksadana juga salah satu jenis investasi yang cocok untuk anak muda. Jika kamu masih ragu dengan investasi saham, kamu memilih reksadana. Di reksadana ini, nanti kamu akan dibantu oleh manajer investasi untuk alokasi modal ke aset investasi. Selain itu, manajer investasi juga akan mengatur pemilihan pembeliannya. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih manajer investasi yang professional.

Reksadana ini cocok sekali untuk kamu yang ingin belajar berinvestasi di pasar modal. Lalu, apa saja kelebihan reksadana? Kelebihannya yaitu aman karena diawasi OJK, nilai awal investasi yang kecil, keuntungan hingga 6,5 persen per tahun, dan pencairan cepat serta bebas biaya admin.

5. Pendidikan

Pendidikan juga salah satu investasi. Bagi kamu yang masih berusia 20-an tahun, investasi pendidikan merupakan investasi yang bisa menghindarkanmu dari kemiskinan. Dengan pendidikan, kamu bisa menjadi apapun yang kamu inginkan dengan catatanbahwa harus disiplin dan bersungguh-sungguh. Oleh karena itu, pendidikan merupakan salah satu investasi yang cocok untuk anak muda usia 20-an. Jangan lupa rajin dan disiplin, ya.

Itulah 5 jenis investasi yang cocok untuk anak musa dan tentunya sesuai kantong anak muda. Sebenarnya, jika kita punya niat yang serius kita pasti bisa. Jika juga perlu membiasakan diri untuk mulai belajar investasi. Dari jenis investasi di atas, mana yang membuatmu tertarik?. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)