5 Film yang Cocok Ditonton untuk Peringati Hari Pahlawan

5 Film yang Cocok Ditonton untuk Peringati Hari Pahlawan

TAYANG: Film Tjokroaminoto. (Vidio/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Film dengan tema Pahlawan merupakan suatu bentuk apresiasi dan menghargai jasa para pahlawan.

Banyak acara yang biasanya digelar untuk merayakan Hari Pahlawan, seperti drama teater hingga pawai dengan kostum ala pejuang.

Untuk memaknai Hari Pahlawan, kamu juga bisa mengisinya dengan menonton film bertema perjuangan. Berikut ini 5 film yang cocok ditonton untuk memperingati Hari Pahlawan.

5 Rekomendasi Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Kartini

Film berdurasi sekitar 122 menit ini menampilkan Dian Sastrowardoyo sebagai sosok Kartini dewasa. Untuk sosok Kartini kecil di film ini diperankan oleh Neysa Chan, sedangkan Kartini remaja oleh Adelheid Bunga.

Film Kartini menampilkan sosok pejuang emansipasi wanita dalam wajah yang lebih berani, kuat, dan cerdas sebagai perempuan.

Film karya Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Christine Hakim, Acha Septriasa, dan Reza Rahadian.

Jenderal Soedirman

Film Jenderal Soedirman mengisahkan perjuangan pahlawan asal Purbalingga yang berani melawan Belanda. Meski sedang dalam kondisi lemah lantaran mengidap sakit TBC, Jenderal Soedirman mampu memimpin perang gerilya selama tujuh bulan melawan Belanda.

Jenderal Besar TNI Raden Soedirman dan pasukannya pun berhasil menghancurkan logistik Belanda satu per satu. Pada akhir agresi militer, perjanjian Roem-Royen ditandatangani, dan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia.

Soekarno

Film Soekarno dirilis kali pertama pada tahun 2013. Film ini menceritakan kisah hidup Soekarno dari masa kecilnya hingga perjuangan pada proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan M. Hatta 1945.

Pada 2015, film Soekarno meraih penghargaan Best Screenplay. Kemudian pada tahun 2016 sukses meraih penghargaan pada nominasi Best Art Direction, Best Supporting Actress, Best Editing, dan Best Costume Design.

Film berdurasi 2 jam 22 menit ini diperankan oleh Ario Bayu, Lukman Sardi, dan Maudy Koesnaedi.

Soerabaia’45

film Soerabaia ’45 menunjukkan perjuangan para pahlawan seperti Bung Tomo, dalam perobekan bendera Belanda di Surabaya.

Perjuangan para pahlawan diperlihatkan tidak kenal ampun dan berhasil membawa kemenangan. Tak hanya berhasil merobek bendera Belanda, namun juga membuat tentara inggris menyerah, lantaran jendral Inggris tertembak.

Tjokroaminoto

Tjokroaminoto merupakan film bertema perjuangan Indonesia yang dirilis pada 2015. Film ini mengisahkan mengenai guru bangsa yang berhasil menjadi pendidik bagi tokoh-tokoh pemimpin Indonesia.

Film garapan Garin Nugroho ini melibatkan beberapa aktor terbaik tanah air, seperti Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, hingga Sujiwo Tejo.

Dalam acara Festival Film Indonesia 2015, film ini berhasil mendapatkan 8 nominasi dan membawa pulang 3 di antaranya, yaitu Sinematografi Terbaik, Tata Artistik Terbaik, dan Tata Busana Terbaik.

Itulah rekomendasi film-film bertema pahlawan yang cocok ditonton untuk memperingati Hari Pahlawan. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version