5 Cara Membersihkan Mainan Kayu Agar Awet

ILUSTRASI: Mainan kayu (Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Mainan kayu (Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idMainan anak-anak yang terbuat dari kayu tak hanya bisa membantu merangsang kreativitas buah hati, tapi juga lebih awet karena relatif tak mudah rusak. Namun, Anda perlu merawat dengan baik dan membersihkannya sesering mungkin.

Agar kondisinya tetap baik hingga bertahun-tahun, Anda perlu menggunakan cara tepat dalam membersihkan mainan kayu tersebut.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda 5 cara membersihkan mainan kayu agar awet.

1. Jangan Rendam Mainan di Dalam Air

Mainan kayu (Freepik @8photo/Lingkarjateng.id)

Kayu merupakan material yang memiliki pori-pori. Jika Anda merendam mainan kayu di dalam air, justru dapat mengubah bentuk dan cat mainan yang dapat memicu rusaknya mainan kayu tersebut.

2. Lap Dengan Kain

Untuk menghilangkan debu dan kotoran, Anda dapat membasahi lap menggunakan air hangat. Kemudian, jemurlah di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman dan bakteri.

5 Rekomendasi Website Edukasi Menyenangkan untuk Anak-Anak

3. Pakai Cuka Apel

ILUSTRASI: Mainan kayu (Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

Noda mainan yang susah hilang, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan cuka apel atau cuka putih yang telah diencerkan dengan air. Anda dapat memakai rasio 1:1 antara cuka dan air, kemudian semprotkanlah pada bekas noda. Setelah itu, gosoklah dengan menggunakan spons halus.

4. Gunakan Mild Soap

Mainan kayu yang dicat dan dilapisi varnish, dapat Anda bersihkan dengan menggunakan mild soap. Anda dapat membasahi spons dengan mild soap lalu lap mainan kayu hingga bersih.

Yuk Coba, 5 Ide Bekal Sekolah Anak TK yang Sehat dan Praktis

5. Gunakan Alkohol

ILUSTRASI: Mainan kayu (Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

Jika mainan kayu sangat kotor dan banyak nodanya, Anda juga bisa menggunakan alkohol. Caranya, bersihkan dengan kapas yang sudah Anda basahi alkohol lalu lap dengan kain bersih.

Semakin sering mainan digunakan, maka semakin sering pula mainan anak dibersihkan. Apalagi air liur, kuman di lantai, debu dan kotoran dengan mudah menempel pada mainan anak. Oleh karena itu, cara membersihkan mainan anak yang terbaik adalah dilakukan setiap kali mainan tersebut selesai digunakan.

Jika Anda membiarkan mainan anak berada dalam kondisi kotor dan berdebu, hal itu dapat mengancam kesehatan dan keselamatan anak. Berbagai kuman dan bakteri dari Pseudomonas dan Caulobacter bisa menempel di mainan anak.

Jika Anda tidak segera membersihkannya, bakteri-bakteri tersebut dapat memicu infeksi telinga dan mata. Terlebih, jika anak Anda memiliki alergi terhadap debu. Tak jarang anak mudah terserang flu dan gangguan pernapasan.

Demikianlah 5 cara membersihkan mainan anak yang terbuat dari kayu agar awet. Sudahkah Anda membersihkan mainan kayu milik anak Anda? Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version