5 Bahan yang Buat Olahan Daging Kambing Lebih Lezat

ILUSTRASI: Daging kambing (Sumber Gambar: Freepik @bublikhaus/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Daging kambing (Sumber Gambar: Freepik @bublikhaus/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Selama Idul Adha, Anda pastinya mendapatkan daging kurban, bukan? Untuk mengatasi bau prengus dan tekstur daging agar tidak alot, Anda perlu nih untuk menambahkan bahan-bahan campuran saat mengolah daging, khususnya daging kambing.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda, 5 bahan yang mudah Anda temui dan bisa Anda tambahkan saat mengolah daging kambing agar lebih lezat, bebas bau prengus dan tentunya lembut saat dinikmati.

1. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis (Sumber Gambar: Freepik @d3images/Lingkarjateng.id)

Jeruk nipis memiliki bentuk lebih bulat daripada lemon. Meski warna jeruk nipis bisa menguning, biasanya orang-orang cenderung memanfaatkannya saat masih berwarna hijau

Dikutip dari hellosehat, air jeruk nipis dapat membantu air liru (saliva) untuk memecah makanan. Kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat membantu untuk merangsang pengeluaran enzim pencernaan.

Selain itu, sifatnya yang asam, membuat jeruk nipis diandalkan untuk membuat daging kambing jadi lebih empuk dan tidak bau prengus.

Tipsnya, beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bakteri dan aroma amis. Perasan jeruk nipis dapat Anda balurkan pada permukaan daging kambing. Kemudian, tunggu dan diamkan selama kurang lebih selama 30 menit.

Ampuh, Ini 7 Cara Mudah Menghilangkan Bau Prengus Daging Kambing

2. Garam

Garam (Sumber Gambar: Freepik @nerosu11/Lingkarjateng.id)

Dikutip dari Alodokter, peran garam dalam tubuh dapat membantu menjaga produksi hormon tiroid, mencegah tekanan darah rendah, memelihara keseimbangan cairan tubuh, meredakan gejala cystic fibrosis dan memelihara fungsi organ tubuh.

Fungsinya yang bagus untuk tubuh, garam juga bisa dimanfaatkan untuk mengolah daging kambing agar tidak bau. Cara ini cukup mudah diterapkan, dengan melumuri garam pada setiap sisi daging dan diamkan selama 1 jam. Kemudian, bilas daging kambing sebelum dimasak sesuai dengan menu yang Anda inginkan.

3. Daun Pepaya

Daun pepaya (Sumber Gambar: Freepik @peerasin/Lingkarjateng.id)

Kandungan etanolik, flavonoid, alkaloid dan terpene pada daun pepaya dapat bermanfaat untuk menghambat jamur Fusarium spp. dan C. gloesporioides.

Selain itu, daun pepaya bisa digunakan untuk memasak daging kambing agar empuk dan tidak bau prengus. Hal ini dipengaruhi oleh zat papain dalam daun pepaya. Jadi, jika sudah menggunakan daun pepaya, tidak perlu lagi memasaknya dengan waktu sangat lama. Daging hanya perlu dicuci, kemudian remas dan bungkus daging kambing dengan daun pepaya. Diamkan selama kurang lebih satu jam.

Inilah 7 Tips Menyimpan Daging Kurban agar Tahan Lama

4. Nanas

Nanas (Sumber Gambar: Freepik @dashu83/Lingkarjateng.id)

Jika Anda tidak memiliki daun pepaya, Anda dapat menggunakan nanas untuk mengolah daging kambing lebih cepat empuk. Caranya, Anda hanya perlu mengupas buah nanas dan menghaluskannya. Setelah itu, balurkan nanas parut pada potongan daging kambing dan diamkan selama satu jam. Baru setelahnya, Anda dapat mengolah sesuai dengan menu yang Anda inginkan.

5. Rempah-Rempah

Rempah-Rempah (Sumber Gambar: Freepik @pvproduction/Lingkarjateng.id)

Rempah juga bisa digunakan sebagai alternatif cara mengolah daging kambing agar tidak bau, lho. Selain itu, rempah juga akan membuat aroma dan rasa khas masakan kambing lebih terasa. Anda dapat melumuri permukaan daging kambing dengan parutan jahe. Jika sudah, diamkan sebentar sebelum dimasak. Selain menggunakan jahe, Anda juga bisa menggunakan bumbu aromatik seperti jeruk, serai, kayu manis dan cengkeh.

Demikianlah, 5 bahan yang dapat membuat olahan daging kambing cepat embuk dan rasanya lebih lezat. Selamat mencobanya. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

Agustin, Sienny. (2021). Alodokter: 6 Manfaat Garam untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui. Diakses pada 11 Juli 2022, dari https://www.alodokter.com/jangan-selalu-dimusuhi-manfaat-garam-juga-banyak

Puji, Aprinda. (2021). Hellosehat: Catat Baik-Baik, Ini Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh Anda. Diakses pada 11 Juli 2022, dari https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/8-manfaat-air-jeruk-nipis-bagi-kesehatan/

Puji, Aprinda. (2021). Hellosehat: Meski pahit, terdapat 5 Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh. Diakses pada 11 Juli 2022, dari https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-daun-pepaya-kesehatan/

Exit mobile version