JEPARA, Lingkarjateng.id – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Jepara berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia pelaku usaha pariwisata melalui pelatihan pemasaran digital berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Pelatihan berlangsung selama empat hari 24 – 27 Juni 2024 di Hotel Julia Desa Bandengan, Kecamatan/Kabupaten Jepara.
Kepala Disparbud Jepara, Eko Uddyono, menyampaikan kegiatan pelatihan pemasaran digital ini merupakan program dari Kementrian Pariwisata Republik Indonesia (RI) untuk meningkatkan kapasitas SDM masyarakat khususnya para pelaku usaha kepariwisataan. Hasilnya pelaku usaha diharapkan bisa melakukan promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pendapatan daerah di wilayah Kabupaten Jepara.
“Kami telah melaksanakan pelatihan pemasaran digital sebanyak tiga kali. Yaitu pada tahun 2021, 2023 dan tahun 2024 ini,” kata Eko saat membuka kegiatan pelatihan pada Senin, 24 Juni 2024.
Eko berharap pelatihan pemasaran digital bisa memberikan manfaat secara langsung terhadap peningkatan masyarakat terkhusus para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Jepara.
“Terima kasih kepada segenap panitia, peserta dan pemateri dalam mensukseskan kegiatan ini. Semoga PAD Kabupaten Jepara bisa meningkat karena wisatanya,” ungkapnya.

Menurutnya, potensi wisata yang ada di Jepara belum sepenuhnya diketahui oleh masyarakat Indonesia. Maka melalui kegiatan ini, potensi-potensi tersebut diharapkan bisa terekplorasi dengan maksimal.
“Sumber pendanaan kegiatan ini berasal dari DAK (Dana Alokasi Khusus) nonfisik dana pelayanan kepariwisataan pada tahun 2024,” sambungnya.
Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Disparbud Jepara sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Pelatihan Pemasaran Digital, Diana, menjelaskan ada dua jenis kegiatan pelatihan dilaksanakan indoor dan outdoor. Pelatihan indoor dilaksanakan selama tiga hari 24 – 26 Juni 2024 di Hotel Julia Kabupaten Jepara.
“Adapun kegiatan kunjungan lapangan (outdoor) ke Surakarta pada hari terakhir nantinya,” kata Diana.
Total peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini berjumlah 45 peserta yang terdiri dari petugas obyek wisata, desa wisata Jepara, Paguyuban Mas dan Mbak Duta Wisata Jepara, Komite Ekonomi Kreatif, Generasi Pesona Indonesia, serta Pelaku Usaha Wisata Taman Rekreasi dan Hiburan.
Pelatihan pemasaran digital ini juga menghadirkan narasumber Rizqi Mulyantara dengan materi Digital Marketing, dan Ghozy Riski dengan materi Fotografi. (Lingkar Network | Muhammad Aminudin – Lingkarjateng.id)