Hendi Resmikan Taman MT Haryono Semarang, Usung Konsep Chinese

Taman MT Haryono Semarang

INDAH: Suasana Taman MT Haryono yang berlokasi di Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur. (Dinda Rahmasari/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meresmikan Taman MT Haryono yang berada di Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur, Kamis (13/1). Taman yang didominasi warna merah itu mengusung konsep Chinese.

Selain Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang, dalam momen itu juga hadir Direktur PT Cakrawala Sakti Kencana, Lie Jemmy, perwakilan keluarga Letnan Jenderal Anumerta MT Haryono, dan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Hendi menjelaskan, keberadaan Taman MT Haryono sebagai bentuk menghargai jasa para pahlawan. Sebab mereka telah berjuang dengan seluruh tumpah darahnya demi kemerdekaan Indonesia.

Hendi Dukung Sinergitas Pemkot Semarang dan GP Ansor

“Mereka jadi pionir, maka dibuat patung MT Haryono, karena berada di ruas Jalan MT Haryono. Saya ucapkan terima kasih kepada keluarga besar dari pahlawan MT Haryono, pematung, yang merealisasikan semua ini sampai diresmikan,” ujar Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, Kamis (13/1).

Di samping itu, Hendi mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga taman tersebut. Sehingga manfaat dari taman yang sekaligus Ruang Terbuka Hijau (RTH) itu dapat dirasakan masyarakat. “Nanti bisa digunakan masyarakat bersosialisasi sekaligus untuk membuat wajah kota jadi cantik dan indah,” ungkapnya. 

Taman MT Haryono menjadi salah satu taman aktif untuk ruang publik dan kegiatan masyarakat. Ia berharap dapat menambah ruang terbuka hijau di wilayah Semarang Timur. Sehingga target pemenuhan sebesar 30 persen RTH bisa terpenuhi, yang saat ini masih sekira 17 persen.

Pemkot Semarang Fokus Menjadi Kota Penghasil Logam

Sementara itu, Direktur PT Cakrawala Sakti Kencana, Lie Jemmy mengungkapkan, Taman MT Haryono mengusung konsep Chinese. Sehingga dalam taman itu, didominasi warna merah dan tanaman hias bambu.

Menurutnya, peresmian taman tersebut sangat tepat dalam menyambut Imlek yang jatuh pada Februari mendatang. Adapun anggaran pembangunan taman tersebut sekitar Rp 800 juta. “Kami juga apresiasi dengan didukung Pemerintah Kota Semarang sehingga pembangunannya berjalan baik. Sesuai dari target rencana,” tuturnya.

Lebih lanjut, perwakilan keluarga Letnan Jenderal Anumerta MT Haryono, Prasetiyo Adi mengungkapkan rasa terima kasihnya. Pihaknya sangat menghargai upaya jajaran Pemkot Semarang dan semua pihak terkait yang sudah mewujudkan Taman MT Haryono yang indah.

“Ini upaya untuk pengingat perjuangan para pahlawan revolusi, yang telah berjuang menjaga Pancasila. Harapannya dengan keberadaan taman itu, tidak hanya untuk mempercantik Ibu Kota Jawa Tengah saja. Lebih dari itu, semoga generasi muda bisa mengetahui sejarah bangsa Indonesia,” ungkapnya. (Lingkar Network | Dinda Rahmasari – Koran Lingkar Jateng)