Tumbuhkan Minat Baca, Kelurahan Kalidoro Pati Galakkan Perpustakaan

POTRET: Perpustakaan Kelurahan Kalidoro, Kabupaten Pati yang berlokasi di Kantor Kelurahan Kalidoro. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

POTRET: Perpustakaan Kelurahan Kalidoro, Kabupaten Pati yang berlokasi di Kantor Kelurahan Kalidoro. (Arif Febriyanto/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id Perpustakaan gratis di Kelurahan Kalidoro, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati telah disediakan untuk masyarakat setempat. Meski begitu, nampaknya keberadaan perpustakaan ini tak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak kelurahan.

Kepala Kelurahan (Lurah) Kalidoro, Deny Darmawan pun sadar akan turunnya minat baca masyarakat yang kini lebih tertarik dengan smartphone. Padahal di kantor kelurahan sudah disediakan perpustakaan dengan koleksi buku yang cukup komplit yang merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Pati.

Perpustakaan itu sebenarnya sudah ada lama, tapi mati suri. Kita sedang bekerja sama dengan Arpusda untuk mengadakan kembali. Tantangan globalisasi itu luar biasa, minat baca itu masuknya ke gadget,” ungkap Deny.

Padahal sebelumnya, sambung Denny, perpustakaan itu telah  menyediakan 200 judul buku yang terpajang rapi di lemari yang merupakan pinjaman dari Arpusda Pati. Ia pun berharap ada terobosan dari Arpusda untuk menyediakan perpustakaan digital, supaya rakyatnya dapat membaca melalui ebook.

“Kita giatkan dengan Arpusda sudah beberapa kali pinjam buku, referensi banyak 200 judul. Saya juga sudah sediakan lemari yang bagus untuk perpustakaan, sukur-sukur nanti ada perpustakaan digital,” tambahnya.

Diharapkan, dengan adanya perpustakaan digital dapat menumbuhkan minat baca masyarakat Kalidoro melalui smartphone.

Selain kerja sama dengan Arpusda, guna meningkatkan minat baca, ia pun akan bekerja sama dengan pihak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kalidoro. Ia menganggap, minat baca harus dipupuk sedari dini, terlebih dengan perkembangan kegiatan pembelajaran di sekolah yang seringkali dilaksanakan secara online.

“Kerja sama dengan SD Kalidoro. Potensi minat baca bisa kita galakkan dari situ. Anak-anak sekarang ‘kan adanya online sudah mulai malas-malasan baca buku,” tuturnya.

Selain kerja sama dengan Arpusda dan SDN Kalidoro, keberadaan ibu-ibu pun turut didorong dengan harapan minat baca warganya meningkat. (Lingkar Network | Arif Febriyanto – Lingkarjateng.id)