Tradisi Lomban Jepara Digelar Lusa

Tradisi Lomban Jepara Digelar Lusa

MENYELENGGARAKAN: Tradisi Pesta Lomban dan Festival Kupat Lepet yang akan diselenggarakan lusa di Jepara. (Media Sosial Bupati Jepara/Lingkarjateng.id)

JEPARA, Lingkarjateng.idTradisi Lomban dan Festival Kupat Lepet bakal digelar kembali di Jepara setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19.

Tradisi ini diselenggarakan pada tujuh hari setelah Lebaran. Rangkaian Tradisi Pesta Lomban akan digelar mulai tanggal 8 Mei 2022 hingga 9 Mei 2022.

Pada tanggal 8 Mei 2022, acara diawali dengan Ziarah Makam Leluhur yakni Makam Cik Lanang, Kelurahan Bulu, pukul 15.30 WIB dan Makam Mbah Ronggo, Kelurahan Ujungbatu, pukul 18.30 WIB. Dilanjutkan acara yang kedua yaitu Wayangan dengan lakon Dewa Ruci dan Dalang Ki Sunyoto di TPI Ujungbatu, pukul 20.00 WIB.

Viral, Mbah Kholil Habiskan Rp 3,7 M Bangun Jembatan di Jepara

Sedangkan acara inti yaitu tanggal 9 Mei 2022 akan digelar Pesta Lomban (Larungan Kepala Kerbau) di TPI Ujungbatu pukul 06.00 WIB. Setelah prosesi Larungan Kepala Kerbau selesai, digelar Festival Kupat Lepet di Objek Wisata Pantai Kartini. Kemudian dilanjutkan Wayangan dengan lakon Sri Sadono dan Dalang Ki Sasmito di TPI Ujungbatu pukul 09.00 WIB.

Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengatakan bahwa, kerbau yang disembelih nanti dagingnya dimakan oleh seluruh warga sebelum pada akhirnya kepala kerbau dilarung.

“Pada malam hari saat pertunjukan Wayang Kulit, kerbau yang disembelih, dagingnya dimasak dan dimakan bersama seluruh warga. Lalu saat pagi tiba, kepala kerbau dilarung ke tengah laut,” kata Bupati Andi.

Perlu diketahui, usai atraksi dua gunungan ketupat dan lepet dimunculkan, selanjutnya gunungan ketupat dan lepet tersebut akan menjadi rebutan warga setempat. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version