TNI AL Bakal Jadikan Rumah Pahlawan Yos Sudarso Salatiga Sebagai Wisata Edukasi

AUDIENSI: Pertemuan antara Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi dan Danlanal Semarang, Kolonel Hariyono Masturi, baru-baru ini. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

AUDIENSI: Pertemuan antara Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi dan Danlanal Semarang, Kolonel Hariyono Masturi, baru-baru ini. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

SALATIGA, Lingkarjateng.id – TNI Angkatan Laut merencanakan membeli rumah peninggalan pahlawan nasional Yos Sudarso di Gladakan Salatiga. Pernyataan ini diungkapkan oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Semarang, Kolonel Hariyono Masturi saat audiensi dengan Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi di Ruang Kerja Wali Kota Salatiga pada Senin, 1 Agustus 2022.

Tujuan pembelian rumah Yos Sudarso ini, kata dia, bertujuan untuk dijadikan tempat edukasi sejarah bagi generasi penerus. Setelah dibeli, nantinya rumah tersebut akan diserahkan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga.

Selain program pembelian rumah Yos Sudarso ini, Danlanal Semarang juga menyampaikan, pihaknya siap menyemarakkan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Salatiga.

Berkaitan dengan permohonan tank marinir, pihaknya menyebut, sudah disetujui dan tinggal pergeseran tempat. Sementara, untuk permohonan bantuan pesawat, TNI AL masih sedang dalam proses.

“Untuk pengiriman nanti direncanakan bersamaan. Selanjutnya rumah Yos Sudarso rencananya bakal dibeli pihak Angkatan Laut (AL) dan selanjutnya pengelolaan diserahkan ke Pemerintah Kota Salatiga sebagai wisata edukasi dan sejarah,” ungkap Kolonel Marinir Hariyono Masturi.

Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng N. Rachmadi dalam kesempatan ini memberikan dukungan terkait rencana TNI AL.

“Saya berterima kasih atas program dan bantuan TNI AL kepada Kota Salatiga,” kata Pj Wali Kota.

Diketahui, Kota Salatiga Jawa Tengah merupakan tempat kelahiran dan asal pahlawan nasional Yos Sudarso yang gugur dalam pertempuran di laut. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version