Sukseskan Pemilu 2024, Pemkab Kendal Sediakan Anggaran Rp 77 Miliar

BERJALAN LANCAR: Para peserta fokus mengikuti Pembekalan Enam Pilar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis, 7 September 2023. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

BERJALAN LANCAR: Para peserta fokus mengikuti Pembekalan Enam Pilar di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis, 7 September 2023. (Arvian Maulana/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menyediakan anggaran sebesar Rp 77 miliar untuk pelaksanaan Pemilu tahun 2024.

“Kita support mulai dari anggaran untuk KPU, Bawaslu dan untuk pengamanan pemilu. Kendal alhamdulillah tidak ada masalah terkait anggaran untuk Pemilu 2024,” ungkap Sekda Kendal Sugiono Pembekalan Enam Pilar yang digelar secara virtual di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Kamis, 7 September 2023.

Sekda Kendal Sugiono menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kolaborasi enam pilar untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. Sehingga, munculnya kerawanan yang dapat mempengaruhi jalannya Pemilu 2024 dapat dicegah.

“Jadi tadi kita mendengarkan arahan agar penyelenggaraan pemilu, sebagai bentuk konsolidasi untuk wujudkan pemilu damai di Jawa Tengah. Tadi sekaligus juga sebagai ajang silaturahmi antarpejabat di wilayah. Kita saling bersinergi dalam penyelenggaraan pemilu agar sama-sama kita laksanakan,” jelas Sekda Kendal.

Sugiono berharap enam pilar dapat bekerja sama dan bersinergi dalam mewujudkan pemilu yang aman, damai, kondusif. Ia juga berharap Pemilu 2024 dapat menghasilkan pemimpin yang mempunyai kredibilitas dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Desa Nawangsari Ainurrokhim yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan, sebagai seorang kades dirinya harus bisa mengedepankan netralitas dan tidak berpihak kepada kontestan pemilu. Selain itu, kades juga dituntut dapat menciptakan cooling system di tengah masyarakat untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif saat pemilu.

“Kades itu tidak boleh memihak salah satu calon, kita dituntut untuk netral. Alhamdulillah selama pelaksanaan pemilu sebelum-sebelumnya di desa kami aman,” tandasnya.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Kendal.

Hadir juga dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal Sugiono, Kapolres Kendal AKBP Feria Kurniawan, Dandim 0715/Kendal Letkol Inf Jenry Polii, Perwakilan KPU dan Bawaslu Kendal, untuk mendengarkan arahan dari Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi serta Pj Gubernur Jateng Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version