Sakral, Intip Prosesi Kirab Kubah Masjid Qofa di Kendal sebelum Dipasang

SIMBOLIS: Anggota DPRD Jateng, Benny Karnadi, menyerahkan kubah majsid kepada Ketua Panitia Pembangunan Masjid Qofa Desa Tlahab, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

SIMBOLIS: Anggota DPRD Jateng, Benny Karnadi, menyerahkan kubah majsid kepada Ketua Panitia Pembangunan Masjid Qofa Desa Tlahab, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. (Unggul Priambodo/Lingkarjateng.id)

KENDAL, Lingkarjateng.id – Pemasangan kubah masjid adalah peristiwa yang sakral, pasalnya jarang sekali terjadi. Seperti halnya pemasangan kubah Masjid Qofa yang ada di Desa Tlahab, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal. Sebelum dipasang, kubah tersebut dikirab oleh warga dari Pondok Pesantren Darul Khuttoh.

Kirab kubah Masjid Qofa menurut Ketua Panitia Pembangunan Masjid Qofa, Akhmad Soleh, merupakan cara untuk menginformasikan bahwa pembangunan renovasi masjid sedang berjalan dan kubah segera dipasang. Menariknya, renovasi Masjid Qofa didesain mirip dengan Masjid Agung Demak.

“Desain renovasi mirip masjid Agung Demak, dan kubahnya dibuat persis seperti masjid tersebut,”ujar Soleh.

Kirab kubah masjid ini juga sebagai bentuk syiar agar warga gemar ke masjid, apalagi masjid juga direnovasi menjadi lebih bagus.

Sementara itu Benny Karnadi, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah yang memberikan bantuan kubah, berpesan agar Masjid Qofa semakin makmur dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saya berharap semoga bantuan kubah ini bisa mempunyai manfaat besar dan meramaikan masjid ini,” ujarnya.

Di sisi lain, anggota DPRD RI Mujib Rohmad merasa bangga lantaran masyarakat dengan semangat membangun masjid secara bergotong-royong. Dirinya berharap, keberadaan masjid dapat memberikan manfaat kepada masyarakat baik untuk ibadah maupun syiar agama.

“Semoga saja cepat selesai dan bisa digunakan untuk beribadah dan ramai sehingga manfaatnya besar untuk masyarakat sekitar,” ujarnya.

Pasca dikirab, kubah masjid dipasang beramai-ramai puluhan warga hingga ke puncak masjid. Doa dan salawat mengiringi naiknya kubah masjid ke puncak. (Lingkar Network | Unggul Priambodo – Koran Lingkar)

Exit mobile version