Pawai Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati Diharapkan Digelar Tiap Tahun

KIRAB: Penanggung Jawab Acara Pawai Kirab sekaligus Komisaris Utama Lingkar Media Group, Agus Sunarko, S.STP., M.Si. didampingi istri Irma Agus Sunarko saat pawai Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati memasuki Pendopo Kabupaten Pati pada Minggu, 23 Juli 2023. (Dok. LMG/Lingkarjateng.id)

KIRAB: Penanggung Jawab Acara Pawai Kirab sekaligus Komisaris Utama Lingkar Media Group, Agus Sunarko, S.STP., M.Si. didampingi istri Irma Agus Sunarko saat pawai Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati memasuki Pendopo Kabupaten Pati pada Minggu, 23 Juli 2023. (Dok. LMG/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Akhirnya, gelaran akbar Pawai Kirab “Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati” yang menjadi sejarah baru bagi Desa Kaborongan, Kelurahan Pati Lor, Kabupaten Pati terbayar kepuasan. Karena acara yang digadang-gadang untuk mengagungkan nama leluhur Kabupaten Pati, Ki Ageng Penjawi, akhirnya selesai dengan gegap gempita.

Untuk perdana kalinya, pawai kirab yang berisikan iring-iringan pasukan berkuda, kereta kencana, mobil Jeep, delman, hingga marching band tersebut digelar di sepanjang jalan perkotaan. Mulai dari Maqam Ki Ageng Penjawi, melewati Jalan Raya dr. Susanto dan Jalan dr. Wahidin lalu masuk Pendopo Kabupaten Pati.

Tak hanya selesai di situ. Di dalam Pendopo, sebelum melaksanakan apel ke-1 “Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati”, peserta kirab lebih dulu dihibur dengan pertunjukan barongan dan reog yang atraksi di Pendopo.

Tentu saja, atraksi barongan di Pendopo Pati itu juga baru pertama kalinya digelar sepanjang sejarah Kabupaten Pati.

Sukses Digelar! LMG Ikut Kenalkan Sejarah lewat Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati

Teguh Jumadiyanto selaku Ketua Panitia, tak menyangka bahwa acara akan demikian meriah. Puluhan ribu masyarakat tampak antusias menyaksikan. Bahkan, beberapa terlihat memanjat pohon agar bisa melihat iring-iringan Pawai Kirab.

“Alhamdulillah, ini sungguh luar biasa. Karena animo masyarakat demikian tinggi. Saya selaku pengurus Maqam Ki Ageng Penjawi turut terharu, karena sebelum-sebelumnya, banyak yang tidak tahu soal Ki Ageng Penjawi. Bahkan, banyak pula warga sekitar dusun dan tetangga dusun yang tak tahu kalau ada Maqam Ki Ageng Penjawi di sini,” ujarnya.

Sebelum digelar pawai kirab tersebut, warga sempat ragu bahwa mereka bisa membuat acara yang demikian meriah untuk memperingati haul Ki Ageng Penjawi. Mengingat sebelum-sebelumnya, kegiatan Haul Ki Ageng Penjawi selalu berlangsung dalam kesederhanaan.

“Biasanya hanya kami peringati dengan buka luwur dan tasyakuran sederhana di sekitar maqam. Nah, ketika kami ajak Pak Agus (Komisaris Utama Lingkar Media Group, red) untuk ikut serta dalam kegiatan ini, karena dia juga salah satu warga yang tinggal di dekat maqam. Kami tak menyangka kalau bakal ramai begini,” bebernya.

Potret Para Istri Ikut Berkiprah dalam Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati

Kala itu rapat perdana diadakan pada Senin, 3 Juli 2023. Dari sana, Agus Sunarko, S.STP., M.Si. menghadiri rapat atas undangan Teguh Jumadiyanto. Agus Sunarko yang biasa disapa Agsun ini pun mengusulkan haul kali ini diperingati meriah dengan menggelar pawai kirab, agar semakin banyak masyarakat yang tahu siapa sosok Ki Ageng Penjawi ini.

Gayung bersambut, ide tersebut direspons oleh pengurus maqam dan dibentuklah susunan panitia, dengan Agsun menjadi penanggung jawab acara. Sementara Teguh Jumadiyanto selaku pengurus maqam dan putra juru kunci maqam menjadi ketua panitianya.

Setelah rapat tersebut, warga pun bekerja sama, bersih-bersih lingkungan demi menyambut acara Pawai Kirab. Mulai dari mempersiapkan lahan parkir, hingga memasang umbul-umbul dan membuat gunungan makanan.

“Semua kami kerjakan sama-sama dengan hati riang gembira. Kami makin semangat karena kami mendapatkan dukungan dan support full dari perusahaan Lingkar Media Group yang dipimpin Pak Agus. Itu luar biasa sekali. Dan untuk pertama kalinya dalam sejarah di sini, ada Pawai Kirab Ki Ageng Penjawi yang melintasi jalan raya, hingga masuk pendopo, dan disaksikan puluhan ribu masyarakat dari berbagai daerah,” imbuhnya.

Pj Bupati Harap Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati Rutin Diselenggarakan

Selaku Ketua Panitia, ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Lingkar Media Group yang telah memberikan dukungan dan bantuan baik secara moral dan materiil. Ia berharap acara seperti itu (Pawai Kirab, red) tidak terjadi satu kali saja, melainkan bisa jadi agenda tahunan.

“Semoga saja ini tidak hanya sekali, tahun ini aja. Tapi bisa rutin digelar tiap tahun. Karena semua warga tampak senang dan semoga juga melalui kegiatan ini, semakin banyak orang yang tahu soal Ki Ageng Penjawi, dan mau berziarah ke Maqam beliau untuk mendoakan Ki Ageng Penjawi,” harapnya.

Untuk diketahui, usai dari apel ke-1 “Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati” di Pendopo, rombongan kirab kembali berjalan, memutari Alun-Alun. Lalu melanjutkan perjalanan melalui jalan arteri yakni jalan Panglima Sudirman, belok kanan ke jalan Kiai Saleh, lalu masuk Jalan Penjawi, baru kembali ke Maqam.

Sepanjang jalan itu, gunungan makanan dibagi-bagikan pada masyarakat yang berbaris memadati jalanan, supaya mereka tak perlu berebut gunungan. Hal ini sesuai dengan slogan yang diusung Agsun: Rakyate Kopen, Pejabate Kajen.

Menurut Agsun, masyarakat tak perlu berebut untuk mendapatkan makanan. Tinggal dibagi-bagikan saja. Hal itu berbeda dari tradisi kebanyakan masyarakat yang suka berebut gunungan makanan dan terkadang ada yang cedera.

“Biar dibagi-bagikan saja, jangan keroyokan makanan,” ujarnya.

Selain membagikan gunungan makanan, pihak Lingkar Media Group juga membagi-bagikan doorprize. Total ada ratusan doorprize yang dibagikan. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version