Napi yang Selundupkan Hp dan Narkotika Bakal Ditindak Tegas, Ini Ancamannya

MENERANGKAN: Kalapas LP Kelas 1 Semarang, Tri Saptono Sambudji saat memberikan arahan kepada para napi di halaman Lapas kelas 1 Semarang, baru-baru ini. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

MENERANGKAN: Kalapas LP Kelas 1 Semarang, Tri Saptono Sambudji saat memberikan arahan kepada para napi di halaman Lapas kelas 1 Semarang, baru-baru ini. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id   Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menegaskan setiap narapidana wajib mengikuti segala proses pembinaan. Hal itu diungkapkan oleh Kalapas LP Kelas 1 Semarang, Tri Saptono Sambudji dalam sela-sela kegiatan senam bersama di halaman Lapas Semarang

Tri mengatakan setiap napi dilarang menyelundupkan handphone dan narkotika di dalam Lapas. Jika ada yang ketahuan, pihaknya akan bertindak tegas dengan memasukkan napi tersebut ke dalam register F serta semua haknya akan dicabut seperti cuti bersyarat, pembebasan bersyarat, asimilasi maupun remisi.

“Jika ada yang ketahuan maka akan kami cabut haknya,” ungkapnya saat dilaksanakannya pertemuan bersama narapidana. 

Lapas Semarang Pastikan Pelayanan Hak-Hak Warga Binaan Terpenuhi

Selain itu, dirinya menekankan pentingnya menjaga kerukunan antar narapidana, saling menjaga keamanan dan ketertiban, serta mematuhi segala tata tertib di lapas.

“Saya sampaikan untuk napi tetap jaga kerukunan bersama,” tambahnya.

Terkait dengan lingkungan di lapas, dirinya berharap bagi para napi penghuni, baik kamar maupun blok hunian untuk selalu menjaga kebersihan. Pasalnya, dengan lingkungan yang bersih akan berdampak pada kesehatan. 

“Kebersihan akan berdampak pada kesehatan, sehingga dengan pola hidup yang baik dan sehat tubuh kita akan juga sehat,” terangnya.

Pemkab Semarang Jamin Seleksi Perades Transparan

Lebih lanjut ke depan pihaknya akan membangun jogging track di lingkungan lapas. Hal tersebut dibuat supaya narapidana di lingkungan lapas dapat menikmati fasilitas tersebut. 

Dikarenakan dalam satu rumah, Kalapas tidak akan membuat suatu program sendiri. Ia akan menampung berbagai saran dan evaluasi dari narapidana untuk ditindaklanjuti. 

Bentuk saran tersebut, pada setiap blok akan dibuatkan kotak saran untuk narapidana baik saran bersifat membangun maupun mengkritik. (Lingkar Network | Adimungkas – Koran Lingkar)

Exit mobile version