Marak Pelajar Bolos di Kabupaten Semarang, Patroli Diintensifkan

PATROLI: Petugas Satpol PP Kabupaten Semarang mengamankan sejumlah siswa yang kedapatan nongkrong di jam sekolah, Senin, 22 Januari 2024. (Hesty Imaniar/Lingkarjateng.id)

PATROLI: Petugas Satpol PP Kabupaten Semarang mengamankan sejumlah siswa yang kedapatan nongkrong di jam sekolah, Senin, 22 Januari 2024. (Hesty Imaniar/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id – Satpol PP dari Dinas Satpol PP dan Damkar (Poldam) Kabupaten Semarang, kembali mulai rutin melakukan razia atau patroli anak-anak sekolah, yang kedapatan nongkrong di jam sekolah di sejumlah wilayah di Kabupaten Semarang.

Kali ini, Satpol PP Kabupaten Semarang melakukan razia di sejumlah daerah di Kecamatan Ungaran Barat dan juga di Kecamatan Bergas.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar (Poldam) Kabupaten Semarang, Anang Sukoco bahwa kegiatan patroli pelajar di jam sekolah itu memang rutin dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Semarang.

“Rutin kami lakukan, meski waktunya tidak menentu, selain itu jika ada laporan masuk juga ke kami dari masyarakat yang merasa terganggu saat melihat banyak pelajar nongkrong di jam sekolah, itu langsung kami tindak dengan razia atau patroli seperti ini,” ungkapnya kepada Lingkar, Senin, 22 Januari 2024.

Lebih lanjut, Anang Sukoco juga menyampaikan razia pelajar yang kedapatan nongkrong di jam sekolah kali ini, dilakukan di dua wilayah kecamatan di Kabupaten Semarang.

“Patroli ini kami lakukan di Kecamatan Ungaran Barat dan di Kecamatan Bergas. Dimana patroli ini tentu bertujuan untuk menjaga tribumtranmas. Dan patroli ini kami lakukan di beberapa titik, diantaranya di Taman Serasi Ungaran, dan di sana hasilnya nihil tidak ada pelajar yang nongkrong di jam sekolah di lokasi tersebut,” katanya.

Selain itu, Anang Sukoco juga mengungkapkan jika patroli kembali dilakukan di tempat warung kopi dan beberapa lokasi lainnya. Hasilnya, lanjut Anang, di warung kopi tersebut ditemukan sejumlah siswa yang kedapatan berada di luar sekolah di jam pelajaran.

“Di warung kopi ini kami dapati beberapa siswa yang tengah berada di luar sekolah pada jam pelajaran. Diketahui beberapa siswa tersebut berada diluar akuinya usai menjalani praktek pertanian, tapi sampai lama tidak kembali ke sekolah dan malahan nongkrong di luar sekolah,” sebutnya.

Untuk itu, beberapa siswa tersebut diberi pembinaan oleh petugas Satpol PP Sie Opsdal Kabupaten Semarang, dan beberapa pelajar yang kedapatan nongkrong di jam sekolah itu dibawa ke Kantor Satpol PP Kabupaten Semarang.

“Kami bawa siswa-siswa yang rata-rata mereka adalah pelajar laki-laki, jumlahnya ada beberapa siswa ya, kami bawa ke Kantor Satpol PP untuk kami lakukan pembinaan,” imbuh Anang Sukoco.

Ditanya hasil patroli siswa nongkrong di jam sekolah di wilayah Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang pun hasilnya nihil.

“Untuk di Bergas nihil ya tidak kami temukan anak-anak pelajar yang nongkrong di jam sekolah di wilayah Kecamatan Bergas ini,” lanjutnya.

Masih menurut Anang Sukoco, bahwa patroli pelajar yang nongkrong di jam sekolah itu diakuinya merupakan kegiatan rutin, selain memang ada laporan warga ke Satpol PP Kabupaten Semarang.

“Biasanya rutin dilakukan, selain itu patroli ini juga adanya laporan warga yang merasa resah jika ada siswa atau pelajar yang nongkrong di jam pelajaran sekolah, oleh karena itu kami tertibkan dan kami beri pembinaan kepada yang bersangkutan. Selain itu koordinasi juga kami lakukan dengan pihak sekolahan yang ada di Kabupaten Semarang,” paparnya.

Ia berharap dengan adanya patroli siswa tersebut di Kabupaten Semarang, para pelajar di Kabupaten Semarang bisa disiplin waktu dalam mengikuti giat sekolahan.

“Harapannya tentu ini bisa jadi pelajaran bagi siswa, orangtua, dan sekolahan, bahwa ada beberapa pelajar yang justru nongkrong di saat jam sekolah. Selain itu, juga kami berharap dengan adanya patroli ini ada efek jera bagi siswa, untuk disiplin waktu saat giat sekolahan berlangsung, dan tidak nongkrong seperti ini,” tandasnya. (Lingkar Network | Hesty Imaniar – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version