Maksimalkan PAD, Pelaku UMKM Kudus Ikut Semarakkan Porprov Jateng

Tingkatkan PAD Pelaku UMKM Kudus Ikut Semarakkan Porprov Jateng

BERI KETERANGAN: Kepala Disnaker Perinkop Kudus, Rini Kartika saat memberikan keterangan. (Ihza Fajar/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah (Jateng) ke XVI yang digelar pada Agustus ini. Hal ini dilakukan agar dapat memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui fasilitas yang diberikan untuk pengusaha UMKM di Kabupaten Kudus.

Pada gelaran Porprov Jateng, akan ada pameran UMKM yang disediakan oleh Pemprov Jateng dan Pemkab Kudus. Sebanyak 80 UMKM Kudus binaan Disnaker Perinkop akan dilibatkan dalam pameran tersebut.

“Dari provinsi juga akan ada pameran UMKM. Sedangkan Kabupaten Kudus akan melibatkan pelaku UMKM binaan Disnaker Perinkop Kudus,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disnaker Perinkop) Kabupaten Kudus, Rini Kartika, saat ditemui pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Pastikan Obor Porprov Jateng Tetap Hidup saat Diinapkan, Bupati Hartopo: Dijaga Satpol PP

Ia mengatakan, produk-produk UMKM akan diseleksi terlebih dulu sebelum ditampilkan di stan. Sehingga pelaku UMKM Kudus bisa memamerkan produk lokal terbaik, agar mendongkrak daya beli pengunjung.

Pelaku UMKM yang akan menggunakan stan nanti tinggal pasang produk saja,” ucapnya.

Nantinya, kata dia, UMKM yang ditonjolkan pada gelaran Porprov Jateng adalah produk lokal Kudus, seperti bordir, batik, kerajinan (craft), makanan, konveksi, dan lainnya.

“Yang akan terlibat sekitar 80 UMKM. Semoga dengan ini, pemberian fasilitas tempat itu dapat membantu dan mempromosikan produk unggulan dari Kabupaten Kudus,” harapnya.

Keterlibatan para pelaku UMKM Kudus pada kegiatan pesta olahraga tahunan itu, juga diyakini mampu menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Kudus dan diyakini mampu menjadi daya tarik masyarakat untuk hadir dan turut serta menyaksikan Porprov Jateng 2023. (Lingkar Network | Ihza Fajar – Koran Lingkar)

Exit mobile version