Kurangi Sampah Plastik, Aktivis Semarang Gencarkan Plogging

ANTUSIAS: Sejumlah peserta plogging foto bersama usai melakukan pemungutan sampah sepanjang jalan hotel Novotel menuju Kota Lama Semarang, baru-baru ini. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

ANTUSIAS: Sejumlah peserta plogging foto bersama usai melakukan pemungutan sampah sepanjang jalan hotel Novotel menuju Kota Lama Semarang, baru-baru ini. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id Aksi memperingati Hari Bumi digelar di sepanjang jalan di depan Hotel Novotel, Semarang. Kegiatan tersebut dilakukan oleh jaringan hotel Accor Semarang, yakni Novotel Semarang–Ibis Budget Semarang Tendean dan Ibis Semarang Simpang Lima.

Aksi peduli lingkungan tersebut mengusung tema plogging,  bertajuk Plogging to Keep Fit”. Aksi tahun ini digadang-gadang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya .

General Manager Hotel Novotel Semarang dan ibis Budget Semarang Tendean, Gunawan Widodo menjelaskan, plogging yang bertajuk  “Plogging to Keep Fit” merupakan  perpaduan dari lari atau jogging dan memungut sampah. Jenis olahraga ini pertama kali populer di Swedia pada tahun 2016. 

“Kata plogging sendiri diambil dari kombinasi dua kata dalam bahasa Swedia, “plocka upp” yang artinya mengambil dan “jogga” (berlari pelan). Program ini sejalan dengan program Accor untuk lebih ramah lingkungan bersahabat dengan program Acting Here Planet 21,” ungkapnya

Banjir Rob Semarang, Warga Keluhkan Masalah Kesehatan

Begitu pun untuk gelaran aktivitas ini, juga sebagai upaya membuka kampanye Accor Hotels dalam tindakan meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan sekitar. Aksi yang diikuti sebanyak 40 orang bersama dengan gabungan dinas pemerintahan setempat itu,  dilakukan dengan menyusuri kawasan sepanjang Jalan Pemuda hingga kawasan Kota lama Semarang. 

Sementara itu, General Manager Hotel Ibis Semarang Simpang Lima, Tussi Iswandani mengatakan, program ini merupakan komitmen pihak hotel terhadap keberlanjutan lingkungan hidup. Ia berharap melalui “Plogging to Keep Fit”, dapat mengajak lebih banyak orang untuk peduli terhadap lingkungan hidup.

Selain itu, dirinya membeberkan, pada gelaran tersebut sebagai upaya untuk mendukung kampanye dalam menjaga lingkungan sekitar dari penggunaan plastik sekali pakai yang berlebihan. Oleh karenanya, pihak hotel mengajak sejumlah dinas pemerintahan kota Semarang untuk memeriahkan dan menyambut hari lingkungan hidup. (Lingkar Network | Adimungkas – Koran Lingkar)

Exit mobile version