Kick Off 1 Abad NU, Bupati Hartopo Harap NU Center Jadi Ikon Kudus

Kick Off 1 Abad NU, Bupati Hartopo Harap NU Center Jadi Ikon Kudus

SIMBOLIS: Bupati Hartopo beserta para pimpinan terkait saat menerbangkan balon dan merpati sebagai pertanda dibukanya kick off peringatan 1 abad NU di Kudus. (Hasyim Asnawi/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Dalam rangka menyongsong 1 abad Nahdlatul Ulama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus menggelar apel kebesaran di Alun-Alun Kudus pada Minggu, 7 Agustus 2022 pagi. Apel kebesaran ini menjadi serangkaian acara dalam kegiatan kick off peringatan 1 abad NU Kabupaten Kudus. Acara ini juga dihadiri oleh Bupati Kudus HM Hartopo.

Bupati Hartopo memberikan apresiasi dalam penyelenggaraan kick off peringatan 1 abad NU Kabupaten Kudus. Ia mengatakan, bahwa NU mempunyai peran nyata dan kontribusi yang besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita sangat apresiasi karena NU Kudus luar biasa dalam sinergi terkait pembangunan dan penanganan Covid-19. Tentunya, kami berharap NU Center ke depan dapat menjadi ikon Kudus yang notabene merupakan kota santri,” kata Bupati Hartopo ditemui usai mengikuti apel Kebangsaan.

Diketahui, pembangunan NU Center juga menjadi salah satu prioritas Kabupaten Kudus. Pembangunan ini akan menyempurnakan sinergitas NU dan Pemerintah Kabupaten Kudus.

Terkait pembagian bendera yang diberikan kepada generasi muda, pihaknya mengaku Pemerintah Kabupaten Kudus perlu menunjukkan contoh yang baik sebagai bentuk persatuan dan kesatuan. Dirinya berharap generasi penerus dapat lebih bersemangat dalam meneruskan perjuangan para pahlawan kemerdekaan terdahulu.

“Supaya generasi muda kita mengikuti, karena bendera sebagai lambang kesatuan dan persatuan yang harus dijaga,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tanfidziah PCNU Kudus, Asrofi Masitho mengungkapkan, kick off yang diselenggarakan tersebut menjadi titik awal dalam menyambut 100 tahun kedua NU yang akan dilaksanakan puncaknya pada bulan Rajab nanti.

Dengan mengusung tema Merawat Jagad Membangun Peradaban ini, pihaknya berharap NU semakin berjaya dan berkontribusi dalam merawat jagad dan membangun Kembali peradaban dunia yang lebih maju.

Dirinya berpesan kepada generasi muda NU, untuk senantiasa mempelajari dan mendalami terkait Nadhlatul Ulama (NU). Harapannya, kecintaan terhadap NU akan membawa generasi penerus untuk lebih berkontribusi terhadap NU dan Indonesia.

“Kita berusaha untuk membentuk generasi muda yang terbaik melalui pendekatan dan sinergitas berbagai elemen, intinya kita hilangkan sikap intoleran. Jangan sampai ada paham-paham radikalisme berkembang di sekitar kita,” tandasnya.

Selain apel kebangsaan, juga digelar berbagai event untuk memeriahkan harlah 1 abad NU, di antaranya bazar UMKM, festival pelajar seperti lomba baca puisi, lomba menggambar logo NU, lomba seni gerak dan lagu, hingga pentas seni lesbumi di Gedung JHK Kudus yang digelar dari tanggal 7 Agustus hingga 9 Agustus 2022. (Lingkar Network | Hasyim Asnawi – Koran Lingkar)

Exit mobile version