Ketua DPRD Kudus Dorong Perades Tingkatkan Kapasitas

Ketua-DPRD-Kudus-Dorong-Perades-Tingkatkan-Kapasitas

MEMBUKA: Ketua DPRD Kudus Masan, Bersama Bupati Kudus HM Hartopo, Camat Undaan Arif Budianto, dan Kepala Dinas PMD Adi Sadhono Saat Membuka Pelatihan. (Alifia Elsa Maulida/Lingkarjateng.id)

KUDUS, Lingkarjateng.id – Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Kepala Desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) yang dilaksanakan di Hotel Puri Asri, Magelang, pada Jumat (10/6/2022). Pelatihan ini dimaksudkan guna memahami regulasi penggunaan anggaran dana desa. 

Dalam acara tersebut, turut hadir Ketua DPRD Kudus Masan bersama Bupati Kudus HM Hartopo dan seluruh Kepala Desa dan BPD di Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus.

Camat Undaan, Arif Budiyanto mengatakan bahwa, pelatihan ini mempunyai maksud untuk meningkatkan dan menambah wawasan perangkat desa (Perades) khususnya Kepala Desa dan BPD.

Ketua DPRD Kudus Harapkan Kompetensi Perawat Setara Tenaga Medis Lainnya

“Jadi pelatihan ini dilakukan untuk menambah wawasan Kepala Desa (Kades) baru juga kades lama yang belum melaksanakan pelatihan karena covid-19,” tuturnya.

Ia menambahkan, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kerja sama antara Kepala Desa dan BPD dalam pelaksanaan Pemerintahan Desa, memberikan wawasan kepada Kepala Desa dan BPD tentang peran eksekutif dan legislatif dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan desa.

“Harapannya, ke depan Kades dan BPD bisa kompak dan bersama-sama membangun desa dan bisa optimal dalam pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kudus juga mengungkapkan bahwa, pelatihan ini dapat mendorong peningkatan kapasitas dan kemampuan BPD, Kepala Desa dan aparatur desa agar bisa melaksanakan peran dan fungsinya dengan baik dan maksimal.

Ketua DPRD Kudus Masan Emban Amanah Ketua Komwil ADKASI Jawa Tengah

“Pelatihan ini saya harapkan bisa mendorong peningkatan kapasitas dan kemampuan BPD, Kepala Desa juga aparatur desa agar peran dan fungsi bisa berjalan maksimal,” katanya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Masan menyampaikan pelatihan ini juga mampu memajukan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, sinkronisasi kebijakan dan komunikasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa sangat diperlukan guna mewujudkan visi Bupati Kudus yaitu Kudus Bangkit menuju Kabupaten Modern, Religius, Cerdas, dan Sejahtera. (Lingkar Network | Alifia Elsa Maulida – Koran Lingkar)

Exit mobile version