Karnaval Kemerdekaan di Blora, Bupati Arief: Tanamkan Jiwa Nasionalisme

Karnaval Kemerdekaan di Blora, Bupati Arief: Tanamkan Jiwa Nasionalisme

MERIAH: Bupati Arief Rohman didampingi Wakil Bupati, Tri Yuli Setyowati foto bersama dengan peserta karnaval. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id – Bupati Blora Arief Rohman menghadiri karnaval dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI untuk kategori TK, SD, dan SMP sederajat di Kecamatan Cepu pada Senin, 22 Agustus 2022.

Diketahui, Bupati Arief bersama Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati hadir langsung untuk melepas peserta karnaval dari Taman Tuk Buntung, Kecamatan Cepu. Bupati dan Wakil Bupati pun turut menyaksikan beragam atraksi yang ditampilkan hingga usai karnaval.

Ribuan anak-anak hingga pelajar begitu atraktif menampilkan berbagai potensi pembangunan dan seni budaya daerah dari seluruh wilayah Indonesia.

Ada peserta yang menampilkan pakaian adat Batak, Bali, Papua, Jawa, dan lainnya. Termasuk kemeriahan drum band, hingga ratusan kostum karnaval yang diperagakan bak model profesional.

Rute yang dilalui cukup panjang. Mulai dari Kantor Camat Cepu menuju Jalan Diponegoro – Jalan Stasiun Kota – Ngareng – Pasar Buah – Plaza Cepu – Ketapang – Tugu 20 Mei dan finish di SMAN 1 Cepu.

Tampak masyarakat begitu antusias menyaksikan di sepanjang rute. Dimungkinkan mereka melepas rindu setelah dua tahun tidak ada tontonan karnaval.

Bupati Arief pun menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Cepu yang semangatnya luar biasa untuk menyelenggarakan karnaval Kemerdekaan.

“Bagus bagus, kreatif, top…!! Melalui karnaval seperti ini, menjadi ajang unjuk kreativitas anak-anak. Sekaligus menanamkan jiwa nasionalisme dan cinta Tanah Air. Tidak lupa dengan adat budaya sendiri,” ucap Bupati Arief.

Bupati Arief juga mengatakan bahwa, melalui event yang melibatkan banyak masyarakat seperti karnaval dinilai bisa ikut mendorong jalannya ekonomi menengah ke bawah. Hal ini karena dalam event tersebut banyak warga yang menjual makanan, minuman, bahkan jasa parkir.

Alhamdulillah, mereka bisa ikut meraup rezeki dari jalannya karnaval. Semoga ke depan Cepu Blora semakin maju, kreatif dan terus semangat melestarikan budaya lokal. Pokoknya keren. Tanggal 27 Agustus nanti giliran karnaval di Blora Kota,” papar Bupati.

Sementara itu, Sekretaris Seksi Karnaval Cepu, Anton Moeji menyampaikan bahwa peserta karnaval terdiri dari 5 drum band TK, 86 kendaraan hias TK, 4 SD, dan 6 SMP. Sedangkan untuk karnaval kategori SMA, SMK, dan Umum untuk Cepu dilaksanakan pukul 13.00 WIB. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

Exit mobile version