Jelang Pilkades Serentak, Ketua DPRD Demak Minta Serius Petakan Daerah Rawan

Jelang Pilkades Serentak Ketua DPRD Demak Minta Derius Petakan Daerah Rawan

DEMAK, Lingkarjateng.id – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak akan diadakan oleh 183 Desa di Demak bulan oktober mendatang. Ketua DPRD Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet yang akrab panggil Fahrudin turut andil dalam memberi tanggapan terkait hal tersebut. Ia meminta agar pemerintah daerah lebih berkonsentrasi untuk menyiapkan segala sesuatunya dalam monitoring berjalannya acara. Selain itu ia juga meminta agar pemkab serius mengawasi dan pemetaan daerah-daerah yang berpotensi rawan kericuhan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Saya minta pemkab supaya lebih konsentrasi mengawasi jalannya proses pelaksanaan pilkades serentak. Daerah mana saja yang biasanya rawan kericuhan saat terjadi pemilihan itu harus dipetakan dan dimonitoring agar pilkades ini berjalan lancar. Karena pasti kan ada desa-desa yang disinyalir rawan kegaduhan sewaktu pemilihan dari tahun-tahun sebelumnya,” Ucapnya.

Pada akhir Mei lalu sudah dimulai persiapan-persiapan dari para calon untuk bergerilya dan meminta restu dari warganya. Sementara pendaftaran para bakal calon kepala desa nantinya akan dibuka sekitar bulan Juli. Berkaitan dengan hal tersebut masyarakat kini sudah dibuat akrab dengan adanya salam tempel dalam setiap pertemuan warga.

Fahrudin berharap agar masyarakat menghormati tahapan-tahapan yang ada, agar proses dan tahapan pilkades nanti berjalan sesuai dinamika masing-masing.
“Mau dilarang ya sudah pasti ada, mau dibiarkan ya ini gak baik kalo terus dilestarikan. Saya berharap agar masyarakat ini menghormati setiap tahapan yang ada, dan biarkan setiap prosesnya berjalan sesuai dengan dinamika yang ada. Yang terpenting semoga nanti terpilih pemimpin baru yang benar-benar komitmen dan tanggung jawab terhadap perkembangan dan kemajuan desa masing-masing,” imbuhnya.

Tidak hanya kepada pemerintah selaku pengawas, ia juga berpesan kepada penyelenggara dan seluruh elemen yang terlibat agar turut serta menjaga kondusifitas tidak hanya pada saat proses pemungutan suara tetapi dari awal tahapan hingga selesai atau penetapan.
“Semua unsur harus ikut Jaga kondusifitas di pilkades demak. Baik itu dari pihak penyelenggara maupun yang mengawasi senantiasa bekerjasama untuk menjaga kondusifitas supaya acara bisa berjalan lancar, tidak hanya pemungutan suaranya tetapi dari awal tahapan sampai selesai,” Tandasnya. (Lingkar Network – Lingkarjateng.id )

Exit mobile version