Dorong Anak Kreatif, Pemkab Blora Gelar Gebyar PAUD

SAMBUTAN: Bunda PAUD Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah saat memberikan sambutan Gebyar PAUD. (Lilik Yuliantoro/Lingkarjateng.id)

SAMBUTAN: Bunda PAUD Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah saat memberikan sambutan Gebyar PAUD. (Lilik Yuliantoro/Lingkarjateng.id)

BLORA, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Blora menggelar Gebyar PAUD dengan mengusung tema “Merdeka Bermain, Anak Cerdas, Ceria dan Kreatif”.

Kegiatan ini dibuka langsung secara resmi oleh Bunda PAUD Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah di Pendopo Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Lembaga PAUD yang ada di Kota Mustika tersebut, antara lain TK (Taman Kanak-Kanak) dan KB (Kelompok Bermain) dari masing-masing kecamatan dengan total 18 lembaga. Sehingga jumlah peserta terdiri dari 288 anak.

Disdik Blora Gelar Sosialisasi Penulisan Blangko Ijazah SMP

Berbagai lomba pun digelar dalam Gebyar PAUD tersebut. Lomba-lomba ini bertujuan untuk menyentuh perkembangan bahasa, motorik, kepekaan irama, musik, rasa percaya diri, serta keberanian mengambil risiko.

Terdapat dua klasifikasi peserta lomba, yakni bagi anak usia dini dari lembaga KB dan siswa TK. Jenis lomba untuk anak PAUD KB, yaitu memindahkan bendera sesuai warna, mengelompokkan biji-bijian, gerak lagu, melempar dan menangkap bola. Sedangkan untuk anak PAUD TK, yaitu tari kreasi si minal-si minul, menggambar dan mewarnai, bola tangan dan Tembang Jawa dengan diiringi alat perkusi buatan sendiri.

Bunda PAUD Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah turut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Disdik Kabupaten Blora ini. Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi stimulus bagi orang tua atau wali siswa, agar dapat membersamai Pemkab Blora dalam mengawal generasi bangsa.

Pemkab Blora Usul Pemberian Gelar Pahlawan Pocut Meurah Intan Dipercepat

“Saya nitip sholawat nariyah di TK yang muslim. Kita ikuti saja Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, karena itu juga baik, ngalap barokah. Tolong Bapak, Ibu, kita juga bersama-sama punya PR pencegahan stunting dan menangani stunting serta menjadikan Kabupaten Blora ini jangan ada new stunting. Yang stunting saat ini kita selesaikan bareng-bareng, tegasnya.

Sementara itu, Aunur Rofiq, Kepala Disdik Blora sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara dalam laporannya mengungkapkan, Gebyar PAUD ini memiliki tujuan untuk memotivasi bermain dan belajar anak, serta mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki anak usia dini seoptimal mungkin. Dengan sumber anggaran dari APBD, ia juga menyampaikan, para peserta lomba yang memenangkan kompetisi akan mendapatkan hadiah.

 “Juara I, II, III mendapatkan piala dan uang pembinaan. Juara Harapan I, II, III mendapatkan piala,” ungkapnya. (Lingkar Network | Lilik Yuliantoro – Koran Lingkar)

Exit mobile version