Bina Ukhuwah Islamiyah, IKM Pati dan Lazismu Santuni 71 Anak Yatim

Bina Ukhuwah Islamiyah, IKM Pati dan Lazismu Santuni 71 Anak Yatim

JALIN UKHUWAH: Bupati Pati Haryanto berfoto bersama anak yatim, panitia dan seluruh tamu undangan dalam acara Berkah Ramadhan di Masjid Moch Dahlan, Pati, Kamis (21/4). (Istimewa/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Dalam rangka bina ukhuwah Islamiyah, Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Pati dan Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (Lazismu) Pati berbagi santunan kepada 71 anak yatim, sekaligus menggelar buka bersama di Masjid Moch Dahlan Pati, Kamis (21/4).

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Pati Haryanto, Ketua Kesbangpol Pati, Kapolsek Pati, Lurah Kaborongan Pati, dan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati.

Bupati Pati Haryanto menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan masih banyak di luar sana, orang yang kurang memperhatikan anak yatim. Karena itu, kegiatan IKM dan Lazismu Pati merupakan sebuah sinergitas yang baik untuk meringankan beban orang-orang yang membutuhkan.

IDI Pati Kembali Santuni Anak-Anak Binaan Yayasan SMS

“Kegiatan seperti ini sangat baik sekali. Meskipun IKM dari luar daerah Pati, namun tetap peduli kepada anak yatim di Kabupaten Pati. Sementara di luar sana, masih banyak orang yang tak peduli pada anak yatim,” kata Bupati Haryanto dalam sambutannya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati, Asnawi menjelaskan, bahwa Lazismu Pati merupakan lembaga Zakat yang telah terakreditasi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Meskipun kantor tingkat daerah Lazismu di Kabupaten Pati baru berusia 4 tahun, namun telah memiliki target penghimpunan di bulan Ramadhan 1443 H yang cukup tinggi di Kabupaten Pati, yakni Rp700 juta. Semoga saja ini bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Pati,” imbuhnya.

TERTIB: Anak-anak yatim duduk rapi sebelum menerima santunan, kemarin, Kamis (21/4). (Istimewa/Lingkarjateng.id)

Ketua IKM Pati, Harisman menambahkan, IKM merupakan organisasi Minang tingkat Nasional di mana setiap daerah selalu ada IKM sesuai nama kota.

“Santunan ini sudah terlaksana 2 kali di Kabupaten Pati di bulan Ramadhan yang bekerja sama dengan Lazismu Pati. Kegiatan sosial ini merupakan agenda menyisihkan sebagian harta untuk anak anak yatim yang membutuhkan,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan secara simbolis oleh Bapak Bupati Pati Haryanto, dan dilanjutkan tausiah dari Ustaz Ahmad Syarif. Kemudian ditutup dengan berbuka bersama. (Lingkar Network | Nailin RA – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version