Bendungan Urban Downhill Competition 2022 Semarang Jadi Event Kampung Nuansa Nasional

MELAJU: Salah satu peserta saat mengikuti pertandingan bendungan urban downhill competition di Banyumanik Semarang. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

MELAJU: Salah satu peserta saat mengikuti pertandingan bendungan urban downhill competition di Banyumanik Semarang. (Adimungkas/Lingkarjateng.id)

SEMARANG, Lingkarjateng.id Sebanyak 210 peserta dari wilayah Indonesia mengikuti event Bendungan Urban Downhill Competition 2022 di Kelurahan Bendungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Kegiatan itu diawali dari gerbang pintu Hotel Candi Baru berlanjut melewati jalan sempit perkampungan warga dengan ukuran 1 meter, ditambah berkelok dan curam.

Event Bendungan Urban Downhill Competition 2022 yang diselenggarakan oleh warga Kelurahan Bendungan itu disambut baik oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang

“Melalui event ini, kita menjual Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan produk olahan warga kita. Karena habis pandemi kita harus genjot nih promosinya salah satunya melalui event ini,” ungkap Lurah Bendungan, Kabulyo Nata saat ditemui, belum lama ini.

Ia menyebut, event kampung yang bernuansa nasional tersebut dibuat oleh warga untuk menarik wisatawan agar datang ke Kelurahan Bendungan untuk mendongkrak produk UMKM usai pandemi Covid-19.

Hal senada turut diungkapkan oleh Ketua Panitia, Bagyo Putranto. Ia mengatakan, tujuan diadakan event ini adalah untuk membangun perekonomian usai pandemi Covid-19. Dirinya menuturkan kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin tahunan.

“Baru pertama kali di Indonesia mencoba di Kota Semarang, harapannya tentu menjadi agenda tahunan, bisa mengangkat wilayah Kelurahan Bendungan menjadi wisata,” ucapnya.

Ia menyebut, total hadiah yang diperuntukkan bagi peserta mencapai jutaan rupiah yang terbagi menjadi 10 kelas. Kemudian untuk peserta sendiri hanya dikenakan biaya Rp 250 ribu untuk mengikuti gelaran tersebut.

Sementara itu, Camat Banyumanik Semarang, Ade Bhakti menyambut baik pergelaran Bendungan Urban Downhill Competition 2022. Ia menuturkan dalam event tersebut juga diikuti oleh atlet nasional yakni Andik Prayoga yang meraih medali perak pada kejuaraan Sea Games.

Dengan pergelaran tersebut, ia berencana akan menjadikan event tahunan. Sehingga, bisa mengangkat perekonomian di Kelurahan Bendungan yang terkenal dengan lawan longsor tersebut. (Lingkar Network | Adimungkas – Koran Lingkar)

Exit mobile version