PATI, Lingkarjateng.id – Direktur Teknologi dan Informasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan RI, Edwin Aristiawan, memberikan penghargaan kepada Rumah Sakit (RS) Mitra Bangsa Pati atas capaian dalam menerapkan transformasi digital pada pelayanan kesehatan.
Dalam kunjungannya di Kabupaten Pati, Edwin mengatakan bahwa kerja sama yang dilakukan seluruh jajaran RS Mitra Bangsa dengan pemerintah daerah serta beberapa pihak yang terkait, telah menciptakan kemajuan di pelayanan kesehatan.
“Luar biasa, di rumah sakit ini sinergi yang sangat bagus antara dirinya, pemiliknya, dan juga pemerintah daerah atau stakeholder saling sinergi. Jadi kalau bareng-bareng, lebih cepat lebih baik,” ujarnya pada Rabu, 21 Agustus 2024.
Menurutnya, transformasi digital yang dilakukan RS Mitra Bangsa dalam pelayanan kesehatan khususnya pendaftaran pasien telah berjalan sangat efektif. Hal itu dibuktikan dengan pasien RS Mitra Bangsa yang akan memeriksakan kesehatan sudah menggunakan antrean online, baik pasien yang belum maupun yang sudah menggunakan Mobile JKN.
“Dengan mobile JKN, datang pada saat nomor antreannya. Jadi tidak membuat rumah sakit menjadi berjubel, sehingga datang seperti drive true. Datang, dilayani, pulang,” jelasnya.
Senada, pemilik RS Mitra Bangsa Pati, Suhartini, mengungkapkan bahwa keberhasilannya dalam meraih penghargaan transformasi digital pada pelayanan kesehatan tak terlepas dari sinergitas yang dibangun dengan para tenaga medis serta instansi terkait.
“Keberhasilan ini tadi yang mendapatkan penghargaan tentang transformasi digital memang kita kerjasama dengan semua stakeholder, dari mulai dokter maupun perawat dan farmasi juga,” imbuhnya.
Di waktu yang sama, pihaknya juga meluncurkan pelayanan online yang diberi nama E-consult Station. Dengan layanan berbasis digital tersebut, para pasien bisa lebih mudah dan efisien dalam mengakses layanan kesehatan.
“Jadi nanti akan terpusat di e-station. Ke depannya akan menjadi pusat konsultasi secara virtual. Tidak perlu datang ke klinik, antre. Sekarang itu eranya adalah era digital, sehingga mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman,” paparnya.
Suhartini berharap agar ke depannya pelayanan kesehatan di RS Mitra Bangsa yang selama ini sudah baik bisa dipertahankan dan ditingkatkan.
“Kita akan mempertahankan pelayanan pasien. Kita akan menuju ke arah bintang 7,” tandasnya. (Lingkar Network | Setyo Nugroho – Lingkarjateng.id)