Wisata Magelang, Pesona Golden Sunrise Punthuk Setumbu

Wisata-Magelang,-Pesona-Golden-Sunrise-Punthuk-Setumbu

POTRET: Panorama Golden Sunrise di objek wisata Punthuk Setumbu. (Instagram @punthuksetumbu/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.idBerbicara mengenai wisata Magelang, pasti sebagian besar orang terbayang di dalam pikiran adalah Candi Borobudur. Ternyata, di Magelang ada banyak sekali objek wisata yang tak kalah cantik dan menarik untuk kamu kunjungi bersama teman-teman dan keluarga.

Salah satu wisata di Magelang yang direkomendasikan untuk kamu adalah Punthuk Setumbu. Kabarnya, wisata ini menyajikan pemandangan sunrise pada pagi hari dan sunset yang dipadukan dengan pemandangan alam serta suasana yang berbeda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Punthuk Setumbu pada awalnya merupakan area perkebunan yang keindahan alamnya diabadikan oleh fotografer di kawasan tersebut.

5 Rekomendasi Wisata Magelang Paling Instagramable

Hasil jepretan fotografer tersebut kemudian tersebar di dunia maya, hingga akhirnya banyak kunjungan wisatawan yang datang ke Punthuk Setumbu bahkan turis mancanegara.

Daya Tarik Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu berasal dari Bahasa Jawa yaitu Punthuk yang artinya gundukan. Sedangkan setumbu berarti tumbu yaitu tempat nasi dari anyaman. Jadi, Punthuk Setumbu artinya sebuah bukit yang berbentuk seperti tempat nasi yang terbuat dari anyaman.

Punthuk Setumbu merupakan bukit yang berada di gugusan bukit Menoreh, Magelang, Jawa Tengah. Bukit ini memiliki ketinggian 400 meter dengan pemandangan yang dijamin bisa membuat kamu takjub.

Saat kamu wisata ke Punthuk Setumbu, kamu bisa menikmati Nirwana Sunrise. Hanya di sinilah kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit yang menyinari Candi Borobudur. Bahkan, Candi Borobudur akan tampak semakin cantik jika dilihat dari Punthuk Setumbu. Ketika pagi hari, Candi Borobudur terlihat menyembul dan membelah kabut saat matahari mulai naik.

Di sini, kamu bisa ber-pose menghadap ke sunrise dengan tangan meminta seakan menadah sunrise. Kamu juga bisa menikmati pemandangan alam dengan segelas kopi. Kamu juga bisa berjemur di Manoreh Hill, di pagi hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB.

Kamu juga bisa berjemur sambil memandangi pemandangan indah di sini saat menjelang siang hari, udara yang masih asri dan bebas polusi tentu sangat menyehatkan bagi tubuhmu.

Lokasi dan Rute Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu berlokasi di Jalan Borobudur Ngadiharjo km 3, Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Jarak Punthuk Setumbu dari Candi Borobudur sekitar 5 kilometer, dengan perkiraan waktu tempuh dengan menggunakan kendaraan mobil, hanya membutuhkan waktu 15 menit saja jika situasi jalanan tidak macet.

Nah Jika kamu dari jauh, tidak banyak tau tentang daerah jogja dan magelang,kamu bisa memanfaatkan rental mobil di jogja. kamu bisa langsung cek di bprentcar.com. Selain menyediakan rental mobil, bprentcar.com juga menyediakan layanan carter mobil plus dengan supir sehingga memudahkan kamu untuk mengunjungi spot wisata yang kamu rencanakan bersama rombongan.

Jika kamu dari Magelang, jalurnya dari pertigaan arah Borobudur belok kiri, seperti jalur menuju Candi Borobudur. Di depan Taman Wisata Candi Borobudur, kamu cari Hotel Manohara lalu lurus ke Perbukitan Menoreh.

Nanti, kamu bisa menemukan papan jalan “Borobudur Nirwana Sunrise” kemudian kamu ikuti petunjuk selanjutnya hingga sampai dilokasi.

Sebelum sampai ke Punthuk Setumbu, kamu harus jalan menelusuri perjalanan perbukitan selama kurang lebih 15 menit.

Sumber: Instagram @punthuksetumbu

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

Kamu tidak perlu khawatir, harga tiket masuk objek wisata Punthuk Setumbu terjangkau. Berdasarkan informasi dari media sosial objek wisata Punthuk Setumbu, wisatawan domestik hanya dikenakan tarif sebesar Rp20.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing dikenakan tarif sebesar Rp50.000 per orang.

Sedangkan untuk biaya parkir sepeda motor dikenakan tarif sebesar Rp2.000 per motor dan biaya parkir mobil dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per mobil.

Jam Buka Punthuk Setumbu

Objek wisata Punthuk Setumbu mulai dibuka pukul 04.00 WIB atau waktu fajar. Sedangkan objek wisata Punthuk Setumbu akan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Fasilitas Objek Wisata Punthuk Setumbu

Fasilitas yang tersedia bagi wisatawan di objek wisata Punthuk Setumbu cukup lengkap, mulai dari toilet, mushola, gazebo, kursi kayu, parkir yang cukup luas, dan warung makan. Selain itu, juga terdapat fasilitas menarik lainnya yang berupa spot-spot foto yang instagramable, camping ground, bahkan tersedia penginapan berupa rumah warga yang disewakan.

Tips Berburu Sunrise di Punthuk Setumbu

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat berwisata di Punthuk Setumbu yaitu harus siap bangun pagi agar bisa melihat indahnya sunrise. Jangan lupa gunakan sepatu olah raga untuk memudahkan langkahmu mendaki bukit. Jangan lupa mengenakan jaket karena udaranya cukup dingin.

Saat cuaca sedang cerah, biasanya jam 5 pagi matahari sudah mulai muncul. Inilah waktu yang tepat buat kamu mengabadikan momen matahari terbit. Oleh karena itu, jangan sampai kamu lupa bawa kamera.

Wisata Magelang, Suasana Romantis Gardu Pandang Silancur

Dari penjelasan di atas, apakah kamu berminat untuk berwisata ke Punthuk Setumbu?. Kamu tidak akan kecewa melihat indahnya golden sunrise di sana. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version