Wajib Baca, Ini 4 Buku Self Improvement untuk Tingkatkan Kualitas Diri

ILUSTRASI: Seorang laki-laki dengan buku-bukunya. (Freepik @katemangostar/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang laki-laki dengan buku-bukunya. (Freepik @katemangostar/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Salah satu jenis buku yang banyak dibaca masyarakat adalah buku pengembangan diriatau self improvement atau. Buku self improvement banyak sekali ditemukan baik di toko offline dan online dengan beragam tema khusus mulai dari masalah keuangan, kebiasaan hidup, maupun sosial.

Membaca buku self improvement bermanfaat untuk meningkatkan potensi dan pengembangan diri, membuka perspektif baru dalam memandang hidup, serta memberikan motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Jelang akhir tahun 2022, ada baiknya kamu mulai membaca buku self-improvement untuk menjadi orang yang lebih positif dan lebih baik di tahun berikutnya. Nah, berikut ini rekomendasi buku self-improvement yang wajib kamu baca.

Hidup Damai Tanpa Berpikir Berlebihan

Rekomendasi buku self-improvement pertama datang dari penulis asal Jepang, Tsineko Nakamura dan Hiromi Okuda. Versi bahasa Indonesia buku ini diterjemahkan oleh Faizal dengan 174 halaman.

Tsuneko Nakamura yang merupakan seorang psikiater, dalam bukunya berpendapat bahwa hidup damai itu dimulai sejak dari pikiran. Ketika terlalu banyak tuntutan untuk melakukan berbagai hal seringkali membuat kewalahan, alhasil diri kita akan dibebani pikiran yang berlebihan. Nakamura berpendapat, solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah bagaiman mengompromikan perasaan dengan perasaan.

Hidup damai dan berkualitas itu dapat dimulai dengan melakukan hal-hal baik dan menerima diri apa adanya. Misalnya dengan memilih prioritas hal yang harus dipikirkan saat ini dan mana yang tidak, memahami sifat diri termasuk hal yang disukai dan tidak disukai, sesekali menyerah pada suatu hal juga bisa memperjelas jalan hidup.

Atomic Habits

Buku self improvement yang ditulis oleh pakar kebiasaan terkenal kelas dunia, James Clear, mengajak pembacanya untuk menyadari bahwa perubahan-perubahan kecil dari diri kita dapat memberikan hasil yang luar biasa jika dilakukan secara rutin. Dalam bukunya, James, memaparkan bahwa suatu perubahan nyata itu berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil.

Atomic habits memberikan strategi praktis membentuk kebiasaan baik  dan menghilangkan kebiasaan buruk melalui kebiasaan-kebiasaan keil untuk tetap produktif. Dari buku ini kamu bisa mempelajari bagaimana meluangkan waktu untuk  membentuk kebiasaan baru bahkan ketika hidup terasa susah, meningkatkan kemauan ketika dalam kondisi tak termotivasi, dan lain sebagainya. Atomic habits akan mengubah cara berpikir tentang progress dan sukses serta memberikan langkah praktis yang dibutuhkan untuk membentuk kebiasaan baru.

Psychology of Money

Ditulis oleh mantan kolumnis di The Wall Street Journal, Morgan Housel membahas bagaimana sudut pandang dan perilaku manusia terhadap uang. Dengan memahami buku ini, kamu bisa belajar finansial jauh lebih baik karena ia menyebutkan mengelola uang itu tidak selalu butuh kepintaran finansial.

Jika seseorang berpikir uang adalah segalanya, maka buku ini mengajarkan pelajaran abadi mengenai kekayaan, ketamakan dan kebahagian. Buku ini dikemas dalam 19 cerita pendek tentang cara aneh orang-orang  berpikir tentang uang dan kenapa mempertahankan kekayaan jauh lebih sulit daripada mendapatkannya.

Nanti juga Sembuh Sendiri

Buku ini ditulis oleh Helo Bagas. Buku ini ibarat cermin atau teman curhat tetapi dengan diri sendiri. Buku ini mengajak pembaca untuk bisa jujur dengan perasaanya sendiri. Sebab dengan begitu banyaknya kehidupan sosial yang kita jalani, seringkali kita menjadi orang yang denial terhadap perasaan diri sendiri dan menggunakan topeng pura-pura kuat. Uniknya, buku ini ditulis sesuai dengan topic tertentu sehingga pembaca tidak perlu runut membaca dari halaman pertama. Buka bab yang dirasa sesuai dengan kondisi diri dan hati lalu resapi kata-kata sederhana yang akan membantu menyelam ke dalam diri. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)