Tips Menjemur Baju Lebih Cepat Kering Saat Musim Hujan

ILUSTRASI: Seorang Perempuan sedang menjemur baju. (Freepik @krakernimages.com/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Seorang Perempuan sedang menjemur baju. (Freepik @krakernimages.com/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Intensitas hujan mulai meningkat jelang akhir tahun. Kondisi ini tentunya menjadi tantangan tersendiri khususnya soal menjemur pakaian.

Kelembaban udara yang tinggi serta sinar matahari yang jarang muncul membuat kamu kesulitan mengeringkan baju setelah dicuci. Bahkan tak jarang, karena pakaian tak kering sempurna membuat baju berbau apek.

Meski begitu baju kotor tetap harus cuci. Berikut adalah beberapa tips menjemur baju agar lebih cepat kering saat musim hujan.

1. Peras Baju Semaksimal Mungkin

Tips menjemur baju agar lebih cepat kering yang pertama adalah dengan memeras baju semaksimal mungkin. Semakin banyak air yang keluar dari baju, maka semakin cepat baju akan kering. Oleh karena itu, peraslah baju semaksimal mungkin sebelum dijemur.

2. Gunakan Mesin Pengering

Jika memungkinkan, gunakan pengering elektrik atau mesin pengering. Jika kamu menggunakan mesin cuci maka tak perlu khawatir karena dilengkapi dengan proses pengeringan. Mesin ini dapat membantu memeras pakaian hingga dalam kondisi setengah kering. Alhasil, baju yang dijemur akan lebih cepat kering.

3. Jemur Baju dengan Cara Menggantung

Cara menjemur baju agar lebih cepat kering tak lain dengan cara menggantung. Cara ini tidak hanya menghemat ruang untuk menjemur lebih banyak tetapi proses pengeringan juga lebih cepat. Gunakan hanger dan gantung di tali jemuran dan tentu saja harus dijemur di ruangan yang memiliki ventilasi yang cukup.

4. Gunakan Pemutar Udara atau Kipas Angin

Sinar matahari memang memang jarang muncul saat musim hujan, tapi kamu tetap bisa mengeringkan baju tanpa perlu pusing meski memakan waktu sedikit lebih lama. Gunakanlah pemutar udara atau kipas angin dan posisikan di dekat area menjemur. Udara yang bergerak dapat membantu mengurangi tingkat kelembaban dan mempercepat proses pengeringan. Trik ini juga digunakan oleh jasa penatu, loh.

5. Pilih Tempat Jemur yang Terbuka

Jika pemutar udara tak memungkinkan, pilihlah tempat menjemur yang terbuka agar sirkulasi angin membantu mengurangi kelembapan. Sirkulasi angin di ruang yang terbuka akan membantu mengeringkan pakaian lebih cepat.

Lima tips menjemur baju di atas akan membantu pakaian lebih cepat kering meski saat musim hujan. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kehabisan pakaian. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version