Teknologi sebagai Media Pembelajaran

POTRET: Guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Emi Wulandari, S.Pd. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

POTRET: Guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri, Emi Wulandari, S.Pd. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

*Oleh: Emi Wulandari, S.Pd – Guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Jatiroto, Kabupaten Wonogiri

PERKEMBANGAN teknologi saat ini sangatlah pesat. Terbukti dengan adanya berbagai aplikasi dan platform yang semakin banyak dan berkembang. Tidak bisa dipungkiri jika saat ini teknologi menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan, contoh kecilnya adalah gadget atau handphone (Hp). Setiap hari kita tidak bisa lepas dari penggunaan Hp, baik  itu untuk komunikasi, foto, video, atau untuk mengakses internet.

Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, dunia pendidikan juga dituntut untuk memanfaatkan teknologi dalam  proses pembelajaran. Guru harus bisa menggunakan beberapa aplikasi yang menunjang aktifitas pembelajaran. Penggunaan teknologi informasi akan memudahkan guru dalam menyampaikan materi. Selain itu, teknologi informasi juga dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien.

Teknologi informasi yang dimanfaatkan untuk media pembelajaran dapat berupa audio, visual, ataupun audio visual. Media pembelajaran yang inovatif akan membuat peserta didik tertarik dan antusias dalam  mengikuti pembelajaran. Sebagai seorang guru, kita dituntut untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran.

Selain power point, Canva, Youtube dan Quizizz dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Tidak hanya secara daring tetapi juga secara luring. Peserta didik akan lebih tertarik ketika diberikan materi atau tugas dengan menggunakan suatu aplikasi, contohnya dalam kegiatan pretest dan post test menggunakan aplikasi Quizizz. Mereka lebih antusias mengerjakan soal daripada ketika diberikan soal dengan lembaran kertas. Oleh karena itu, media pembelajaran yang kreatif dan inovatif sangat berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran.

Di samping media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, guru juga harus memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik karena pada dasarnya mereka memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Langkah awal sebelum menerapkan model dan media pembelajaran adalah dengan mengenal karakteristik peserta didik. Dengan begitu guru bisa menentukan model dan media pembelajaran yang tepat.

Exit mobile version