Tak Banyak Disadari, Ini 8 Hal Kecil yang Berdampak Besar Kurangi Polusi Udara

TANAM POHON: Dua orang menanam pohon dalam pot untuk mengurangi polusi udara. (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

TANAM POHON: Dua orang menanam pohon dalam pot untuk mengurangi polusi udara. (Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Polusi udara menjadi masalah yang tengah dihadapi di Indonesia khususnya wilayah Jabodetabek. Pemerintah bahkan mengeluarkan sejumlah aturan baik dari segi transportasi, pengaturan jam kerja, hingga pengendalian emisi lingkungan.

Polusi udara merupakan masalah lingkungan global yang mempengaruhi kualitas udara dan kesehatan manusia. Meskipun solusi besar diperlukan untuk mengatasi masalah ini, namun setiap individu juga memiliki peran penting dalam mengurangi polusi udara.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa hal kecil yang bisa dilakukan oleh setiap orang untuk membantu mengurangi polusi udara dan memberikan dampak besar bagi lingkungan.

1.Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan

Menggunakan kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab utama polusi udara. Beralih ke transportasi ramah lingkungan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan transportasi umum dapat mengurangi emisi gas buang dan membantu memperbaiki kualitas udara.

2.Mengurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Jika penggunaan kendaraan pribadi diperlukan, pertimbangkan untuk berbagi kendaraan dengan orang lain atau mengatur carpool. Dengan mengurangi jumlah kendaraan di jalan, emisi polusi udara bisa berkurang. Hal ini pula yang diterapkan dalam instruksi Inmendagri nomor 2 tahun 2023 tentang Pengendalian Pencemaran Udara pada wilayah Jabodetabek.

3.Memeriksa Kendaraan secara Berkala

Hal kecil lainnya yang bisa menyumbang pengurangan polusi udara adalah memeriksa kendaraan secara berkala. Dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan berkala pada kendaraan akan menjaga performa kendaraan. Kemudian ketika mesin kendaraan bekerja dengan baik tentunya menghasilkan emisi lebih sedikit.

4.Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai

Produksi plastik sekali pakai menghasilkan polusi udara dan limbah berbahaya. Hindari penggunaan plastik sekali pakai dengan membawa botol air minum sendiri, membawa tas belanja kain, dan menggunakan barang-barang yang dapat digunakan berulang kali. Dalam kata lain, menerapkan gaya hidup berkelanjutan dapat menjadi amal kecil kamu untuk mengurangi polusi udara.

5.Mengurangi Penggunaan Listrik

Langkah kecil selanjutnya untuk menggurangi polusi udara adalah hemat listrik. Hemat penggunaan listrik dengan mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak digunakan. Konsumsi listrik berlebih juga dapat menghasilkan polusi udara melalui pembangkit listrik berbasis fosil.

6.Menanam Pohon dan Tanaman

Menanm pohon di lingkungan rumah merupakan investasi jangka panjang yang tidak hanya membantu mengurangi polusi udara kamu juga bisa memanfaatkan buahnya untuk dikonsumsi. Pohon dan tanaman memiliki kemampuan untuk menyerap karbon dioksida dan memperbaiki kualitas udara.

7.Mendaur Ulang dan Mengurangi Sampah

Sebagian besar masyarakat masih menggunakan barang sekali pakai dan membuangnya tanpa piker Panjang. Padahal dengan mendaur ulang artinya kamu sudah melakukan hal baik untuk mengurangi kebutuhan akan tempat pembuangan sampah yang seringkali menghasilkan polusi udara.

8.Edukasi dan Partisipasi

Berbagi informasi tentang polusi udara dan cara menguranginya kepada teman, keluarga, dan masyarakat dapat meningkatkan kesadaran dan memotivasi orang lain untuk melakukan perubahan kecil yang berdampak besar.

Dalam menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan, setiap langkah kecil memiliki kontribusi penting dalam mengurangi polusi udara. Kesadaran akan dampak lingkungan dari tindakan sehari-hari kita dapat membantu kita membuat pilihan yang lebih baik untuk masa depan bumi kita. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version