Media AZ-Screen Recorder untuk Pembelajaran Daring

Media AZ-Screen Recorder untuk Pembelajaran Daring

POTRET: Pudi Winarsih, S.Pd, Guru Bahasa Jawa di SMP Negeri 2 Gunungwungkal. (Istimewa/Lingkarjateng.id)

*Oleh: Pudi Winarsih, S.Pd, Guru Bahasa Jawa di SMP Negeri 2 Gunungwungkal Pati

SEJAK munculnya pandemi Covid- 19 awal Maret 2020 lalu, tentunya menjadi tantangan baru bagi dunia pendidikan di Negara kita Indonesia. Penyelenggaraan pendidikan yang awalnya dilakukan melalui proses tatap muka secara langsung harus mengalami perubahan sistem.

Dimana semua kegiatan pembelajaran harus dilakukan secara daring atau lebih sering dikenal dengan istilah Pembelajaran Jarak Jauh baik dijenjang SD, SMP, maupun SMA.

Perubahan sistem tersebut menuntut guru dan siswa agar mampu menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada dengan melek teknologi agar pembelajaran dapat terlaksana dengan maksimal.

Namun hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan mengingat berbagai keterbatasan yang ada sehingga Pembelajaran Jarak Jauh tidak bisa berjalan secara optimal.

Sebagai seorang guru profesional tentunya harus mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang ada agar kegiatan pembelajaran tetap bisa berjalan meski kondisi berbeda.

Guru harus kreatif dan inovatif dengan cara terus mengembangkan diri guna menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Tentunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran.

Salah satunya dengan cara membuat media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Menurut (Surayya, 2012) media pembelajaran yaitu alat yang mampu membantu proses belajar mengajar serta berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan.

Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membantu guru dalam menyampaikan materi secara sistematis dan  menarik sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang bisa dijadikan alternatif dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh adalah AZ-Screen Recorder.

Sebuah aplikasi rekam layar yang mudah digunakan cukup dengan menginstalnya di HP android. Beberapa fitur yang ada pada aplikasi ini adalah frame rate, bit rate, dan time lapse dan bisa melakukan rekam wajah kita sekaligus saat rekam layar dengan fitur showing camera.

Langkah-langkah penggunaan aplikasi ini sesudah terinstal di HP- android adalah

  1. Masuk ke Perizinan
  2. Kemudian mulai perekaman dengan mengklik icon camera, di situ kita bisa mengubah ukuran tampilan kamera sesuai dengan keingingan kita
  3. Selanjutnya kita klik icon video dan akan muncul pertanyaan mulai merekam atau melakukan transmisi dengan AZ-Screen Recorder?
  4. Kemudian kita klik mulai sekarang, jika kita ingin menghentikan perekaman cukup klik stop. Kualitas perekaman juga bisa disesuaikan sendiri saat melakukan proses perekaman.

Dengan aplikasi ini kita bisa menampilkan diri kita dalam media tersebut. Hal ini  tentunya sangat membantu dalam proses pembelajaran daring, dimana siswa dapat merasakan kehadiran guru saat penyampaian materi dalam pelaksanaan pembelajaran.

Yang pastinya hal tersebut jarang ditemukan siswa mengingat adanya covid-19 yang tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan gurunya. Aplikasi ini sangat membantu guru dalam membuat media pembelajaran dengan cara yang cukup simpel.

Dengan membuat Powerpoint terlebih dahulu, guru juga bisa melakukan rekam layar dengan aplikasi ini untuk menghasilkan video pembelajaran yang menarik.

Jika ingin memberikan penekanan point-point tertentu pada materi yang disampaikan guru dapat menggunakan fitur kuas, dimana guru dapat menulis secara langsung pada aplikasi ini.

Untuk memudahkan siswa agar bisa mengakses video yang dihasilkan dari proses perekaman, selanjutnya guru dapat mengunggah hasilnya di Youtube. Sehingga kapanpun siswa butuh dapat dengan mudah menemukannya. Berikut ini adalah gambar contoh hasil perekaman menggunakan media AZ-Screen Recorder.

Sumber: Pudi Winarsih, S.Pd, Guru Bahasa Jawa di SMP Negeri 2 Gunungwungkal Pati.

Dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru menggunakan video pembelajaran dengan pemanfaatan aplikasi AZ-Screen Recorder tersebut terlihat siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran.

Siswa juga lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru meskipun tidak bertemu secara langsung, sehingga hasil yang didapat siswa juga lebih baik dari sebelumnya. Pembelajaran bisa berjalan lebih efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.