Kenali 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Perut Buncit

Kenali 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Perut Buncit

ILUSTRASI: Berat badan bertambah yang menyebabkan perut buncit. (user18526052 from Freepik/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Masalah perut buncit banyak dihadapi oleh wanita dan pria. Perut buncit juga bisa menyebabkan menurunnya rasa percaya diri dan juga bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Biasanya, penyebab perut buncit karena orang tersebut tidak menjaga pola makan dan jarang berolahraga. Ternyata, selain dua hal tersebut ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa menyebabkan perut buncit, yaitu:

Kamu bisa menurunkan berat badan dengan tips mudah berikut ini

5 Tips Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

1. Kurang makan serat

Sumber: valeria_aksakova from Freepik

Kurang makan serat bisa menyebabkan berat badan kamu menjadi bertambah termasuk menyebabkan perutmu jadi buncit, karena serat sangat penting untuk menjaga berat badanmu tetap ideal dan tentunya menjaga kesehatan tubuh kamu.

Serat bisa membantu kamu tetap merasa kenyang, mengelola rasa lapar, dan menstabilkan hormon lapar. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur.

2. Banyak rebahan

Sumber: Jcomp from Freepik

Menurut studi, orang-orang yang duduk lebih dari 8 jam setiap harinya, memiliki risiko peningkatan obesitas sebesar 62 persen daripada orang-orang yang duduk kurang dari empat jam setiap hari.

Banyak rebahan dan kurang gerak sering dikaitkan dengan peningkatan lemak viseral dan subkutan, yang bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Sebaiknya, kamu mencoba lakukan aktivitas fisik dan juga mengurangi waktu rebahan.

3. Stres

Sumber: Cookie_studio from Freepik

Ketika kamu sedang mengalami stres, biasanya nafsu makan akan meningkat, terlebih ketika kamu makan makanan atau minuman yang manis. Selain nafsu makan yang meningkat, hormon kortisol atau hormon stres bisa meningkatkan jumlah lemak dalam tubuhmu dan melebarkan ukuran sel lemak.

Stres juga bisa mempengaruhi perilaku gaya hidup kamu yang menyebabkan berat badanmu bertambah, misalnya kurang gerak, kualitas tidur yang buruk, dan beberapa orang saat stres lebih memilih makanan berkalori tinggi untuk meredakan stres.

4. Banyak mengonsumsi gula

Sumber: Jcomp from Freepik

Apakah kamu suka mengonsumsi makanan dan minuman yang manis? Mulai sekarang, sebaiknya kamu kurangi konsumsi gula karena bisa menyebabkan naiknya gula darah. Hal ini bisa membuat kamu cepat lapar sehingga kamu ingin makan lagi. Nah, pada saat ini lah yang bisa menyebabkan berat badan naik dan menjadi salah satu penyebab perut buncit.

Sebenarnya, kamu boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, asalkan dalam jumlah yang wajar. Misalnya, kamu mengonsumsi makanan dan minuman manis pada saat ada acara saja, atau kamu bisa menggantinya dengan minum kopi atau teh tanpa gula dan juga memperbanyak minum air putih.

5. Banyak mengonsumsi lemak trans

Sumber: ds_30 from Pixabay

Lemak trans banyak digunakan dalam produk yang dipanggang dan makanan kemasan pengganti mentega. Padahal, lemak trans adalah jenis lemak yang paling tidak sehat yang bisa menyebabkan perutmu buncit.

Selain menyebabkan perut jadi buncit, lemak trans juga bisa menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan resistensi insulin dan penyakit jantung.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan perut jadi buncit. Dari ke-5 kebiasaan diatas, mana yang sering kamu lakukan? Mulai sekarang, cobalah untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan diatas, agar tubuhmu lebih sehat dan perut tidak buncit. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)