Mengenal Teguh Proyombodo, Sulap Limbah Botol Plastik Jadi Lampu Estetik

ESTETIK: Teguh Proyombodo, perajin kap lampu yang memamerkan hasil karyanya dari limbah botol plastik

ESTETIK: Teguh Proyombodo, perajin kap lampu yang memamerkan hasil karyanya dari limbah botol plastik. (Muslichul Basid/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Botol plastik sebagian orang dianggap sebagai sampah. Namun, di tangan Teguh Proyombodo (45), warga Potroyudan, botol plastik mampu diubah menjadi kap lampu yang menarik dan estetik.

Teguh mengaku, telah membuat kap lampu hias dari botol plastik selama setahun lebih. Ia menggelutinya sejak Oktober tahun 2020.

Ia menjelaskan, ide tersebut muncul saat dia memotong beberapa botol bekas. Kemudian, disusun hingga membentuk kap lampu.

Mengenal Rohedy Ayucandra Farizi Jodisaputra, Pengusaha Katering Dapur Kolosal

“Iseng membuat kap lampu dari potongan botol bekas, kemudian saya potong-potong dan lem, ternyata bagus dan punya nilai seni,” katanya.

Ia pun kemudian mulai merancang aneka desain dan juga cara pengerjaannya, sehingga kerajinannya dapat bernilai jual tinggi.

“Dari situ saya berpikir untuk membuat konsep dan desain bagaimana kerajinan saya mempunyai nilai jual tinggi,” paparnya. 

Omzetnya pun tak main-main Setiap bulannya ia mampu meraup hingga jutaan rupiah. Untuk kap lampu ukuran kecil di bandrol Rp 100 ribu, sedangkan yang paling besar mencapai Rp 5 juta. (Lingkar Network | Muslichul Basid – Koran Lingkar)

Exit mobile version