Mengenal Heru Susilo, Menikmati Alur Mutasi Jabatan di Lingkup Pemkab Rembang

BOKS 2

KABID P3D DINPERMADES KABUPATEN REMBANG HERU SUSILO (R. Teguh Wibowo/Lingkarjateng.id)

REMBANG, Lingkarjateng.id – Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Pemberdayaan Pemerintah Desa (P3D) Dinpermades Kabupaten Rembang, Heru Susilo dikenal sebagai sosok yang religius nan ramah kepada setiap orang. Ia juga dikenal sebagai sosok yang amat mencintai tugas yang diamanatkan padanya.

Hal itu tak lepas dari perpindahan atau mutasi jabatan (tour of duty) atau perpindahan wilayah kerja (tour of area) yang memberinya semangat dan pengalaman berharga dalam profesinya sebagai ASN. Pasalnya, berkat tour of duty dan tour of area lah ia dapat menggali potensinya dengan maksimal.

“Karena kalau di suatu tempat berlama-lama sampai 5 tahun, 8 tahun itu seolah-olah saya kok kurang pengalaman. Di satu sisi perpindahan saya tidak pernah memohon atau membuat surat permohonan pindah,” terang laki-laki asal Kabupaten Purworejo tersebut.

Dalam seleksi pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) secara terbuka dan kompetitif di lingkungan Pemkab Rembang tahun 2021, ASN golongan 4/A ini mengambil formasi Jabatan Kepala Dinas Dinpermades Rembang. Selain memenuhi syarat administrasi, dirinya juga mempunyai tekad untuk memajukan masyarakat Rembang.

Mengenal Sosok Sulistyo Utomo, Terjun Politik karena Mengagumi Prabowo Subianto

“Semoga diridhoi, semoga amanah dari tugas yang diberikan Pak Bupati. Pokoknya semangat aja,” tegasnya.

Secara pengalaman, laki-laki yang hobi dengan masakan asem-asem kambing ini memang sudah tak diragukan lagi. Setelah lulus dari STPDN, dirinya ditugaskan di Kabupaten Rembang sebagai staf Bagian Kepegawaian Setda Rembang. Bertugas selama 4 tahun. Kemudian, Bagian Kepegawaian berubah menjadi Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Di BKD, ia menduduki jabatan Kasubag Umum mulai tahun 2005 sampai 2007. Setelah dari BKD dirinya pindah tugas ke Kecamatan Pamotan sebagai Kasi Tata Pemerintahan hingga tahun 2010 atau kurang lebih selama 4 tahun.

Mengenal Achmad Yusuf Roni, Aktif Suarakan Hak Penyandang Disabilitas di Kudus

“Pengalamannya cukup banyak waktu itu menangani Pilkades Serentak tahun 2007. Kemudian 2008, 2009, 2010 Pilgub, Pilpres berturut-turut. Jadi kalau di kecamatan, sekretaris PPK, merangkap istilahnya. Itu pengalaman berharga bagi saya,” ujarnya.

Setelah dari kecamatan, dirinya pindah tugas menjadi Kasubag Kerjasama dan Otonomi Daerah di Bagian Tata Pemerintahan Setda Rembang. Meski hanya bertugas selama 6 bulan di Bagian Tata Pemerintah, ada kesan yang tak terlupakan yang ia dapat dari sana.

“Waktu di Tata Pemerintahan ada yang berkesan, waktu itu ada pembangunan Pasar Sedan dengan sistem bangun guna serah. Di Desa Krikilan juga ada seperti itu, desa bekerja sama dengan swasta. Jadi saya berkesan, kabupaten dan desa sama-sama bergerak membangun,” ungkapnya.

Setelah dari Bagian Tata Pemerintah, dirinya dipindahtugaskan kembali ke BKD sebagai Kasubag Umum dan Kepegawaian di BKD mulai tahun 2011 hingga 2016. Setelahnya promosi menjadi Kabid Ketertiban Umum, Ketenteraman Masyarakat dan Penegak Perda di Satpol PP dari tahun 2017 hingga 2018. Setelah dari Satpol PP, laki-laki yang hobi menanam pohon ini pindah tugas menjadi Kabid Penyelenggaraan Pemberdayaan Pemerintah Desa (P3D) Dinpermades Kabupaten Rembang hingga saat ini. (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)