Inilah Keutamaan Malam Lailatul Qadar

ILUSTRASI: Malam Lailatul Qadar (Sumber Gambar: Freepik @prostooleh)

ILUSTRASI: Malam Lailatul Qadar (Sumber Gambar: Freepik @prostooleh)

Lingkarjateng.idDalam bulan Ramadhan, salah satu keutamaan yang paling dinantikan adalah malam lailatul qadar. Meski waktu terjadinya belum bisa dipastikan, namun terjadinya malam lailatul qadar sudah disebutkan dalam AlQuran.

Malam lailatul qadar datang pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. “Carilah malam lailatul qadar di (malam ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Lantas, apa saja keutamaan malam lailatul qadar? Berikut Lingkarjateng.id rangkum keutamaan-keutamaan malam lailatul qadar.

1. Lebih Baik dari Seribu Bulan

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (AlQuran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar,” (QS Al-Qadr: 1-5).

Apa Saja tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar?

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

Ayat tersebut menjelaskan malam lailatul qadar memiliki keistimewaan yang besar. Selain itu, pada malam tersebut malaikat-malaikat turun ke bumi untuk mendoakan dan memberi salam kepada seluruh orang yang menghidupkan malam ini dengan beribadah.

Sumber Gambar: Freepik @flashmovie

2. Malam Penuh Keberkahan

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui,” (QS. Ad-Dukhan: 3-6)

Dari ayat tersebut menunjukkan malam lailatul qadar penuh dengan hikmah dan keberkahan.

3. Akan Diampuni Dosa Terdahulu

Orang yang beribadah menyambut datangnya malam lailatul qadar akan diampuni dosanya yang terdahulu. 

Hal itu merujuk pada hadis yang berasal dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang pada malam lailatul qadar mengerjakan ibadah dan berdoa dengan penuh keimanan yang dipersembahkan semata-mata untuk Allah, akan diampuni dari segala dosanya yang terdahulu dan yang akan datang,” (HR Ahmad dan Thabrani)

Hal senada dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa melaksanakan sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni,” (HR. Bukhari).

Sumber Gambar: Freepik @jcomp

4. Malam Turunnya AlQuran

Malam lailatul qadar adalah waktu di mana AlQuran sebagai pedoman hidup manusia diturunkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah SAW untuk pertama kalinya.

“Sesungguhnya Kami menurunkan AlQuran itu pada malam lailatul qadar,” (QS Al-Qadr:1)

Apa Saja Ibadah yang Perlu Dilakukan saat Nuzulul Quran?

Berlipat Pahala, Ini Cara Terbaik Mengisi Malam Nuzulul Quran

Senada dalam hadis, “Shuhuf Ibrahim diturunkan pada malam pertama Ramadhan, Taurat diturunkan pada malam keenam Ramadhan, Injil diturunkan pada malam tiga belas Ramadhan, Zabur diturunkan pada malam delapan belas Ramadhan dan AlQuran diturunkan pada malam dua puluh empat Ramadhan,” (HR. Ahmad, ath Thabrani, al-Baihaqi dan lainnya).

Demikianlah keutamaan-keutamaan malam lailatul qadar. Waktu lailatul qadar memang tidak pasti kapan turunnya. Allah SWT sengaja menyembunyikan agar manusia mencarinya dengan sungguh-sungguh. 

Jika waktunya dipastikan, bisa jadi manusia akan menyepelekan qiyamul lail dan i’tikaf di separuh akhir bulan Ramadhan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

NU Online. (2019). Keutamaan-Keutamaan Lailatul Qadar. Diakses pada 25 April 2022, dari https://islam.nu.or.id/ramadhan/keutamaan-keutamaan-lailatul-qadar-ZLFOQ

NU Online. (2021). Hikmah Dirahasiakannya Malam Lailatul Qadar. Diakses pada 25 April 2022, dari https://islam.nu.or.id/ramadhan/hikmah-dirahasiakannya-malam-lailatul-qadar-9uvd2

NU Online. (2021). Khutbah Jumat: 6 Keutamaan Lailatul Qadar. Diakses pada 25 April 2022, dari https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-6-keutamaan-lailatul-qadar-KNm23