Inilah 7 Bahan Alami yang Dapat Mengobati Rambut Rontok

ILUSTRASI: Rambut Rontok (Sumber Gambar: Freepik @user20061941/Lingkarjateng.id)

ILUSTRASI: Rambut Rontok (Sumber Gambar: Freepik @user20061941/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Rambut rontok sering kali dialami oleh setiap manusia. Setidaknya dalam beberapa kali, rambut pasti pernah rontok saat sedang keramas. Bahkan, saat Anda menyisir dalam keadaan rambut basah atau keramas, beberapa helai berjatuhan tanpa meninggalkan jejak. Biasanya, jumlah helai rambut yang rontok ketika habis keramas atau dalam keadaan basah akan jauh lebih banyak, bahkan berkali-kali lipat dibanding saat rambut dalam kondisi kering.

Berdasarkan American Academy of Dermatology, sebanyak 50-100 helai jumlah rambut yang rontok masih terbilang normal. Ini karena 90-95 persen folikel rambut pada kulit kepala yang normal biasanya berada di fase pertumbuhan aktif. Folikel rambut sendiri merupakan tempat tumbuhnya rambut.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda bahan-bahan alami untuk mengobati rambut rontok.

1. Ginseng

Ginseng (Sumber Gambar: Freepik @dashu83/Lingkarjateng.id)

Ginseng merupakan salah satu tanaman herbal yang mengandung senyawa farmakologisnya. Dilansir dari hellosehat, studi tahun 2012 di Korea University College of Medicine menemukan ginseng merah dapat mengobati alopecia areata. Selain itu, ginseng bekerja dengan baik untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Kolagen

Kolagen merupakan jenis protein yang membantu memperkuat otot dan kulit. Protein dapat diproduksi secara alami dalam tubuh melalui suplemen dan makanan. Kandungan asam amino dalam kolagen berguna untuk pertumbuhan rambut. Pasalnya, rambut terbuat dari protein keratin yang disusun oleh asam amino dari tubuh manusia.

Apa Saja yang Menyebabkan Rambut Rontok?

Inilah Penyebab Rambut Rontok yang Tak Anda Duga

3. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa (Sumber Gambar: Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

Dalam Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research, kandungan minyak kelapa dapat meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut. Selain itu, menggunakan minyak kelapa dapat mengatasi rambut rontok dan menjaga agar rambut tak kehilangan protein dalam jumlah banyak.

4. Bawang Bombay

Bawang Bombay (Sumber Gambar: Freepik @stockking/Lingkarjateng.id)

Dikutip dari hellosehat, mengoleskan jus bawang bombay langsung ke kulit kepala dapat membantu pertumbuhan rambut. Manfaat ini terasa nyata pada beberapa orang yang mengalami alopecia areata atau kebotakan. Ini karena kandungan bawang yang kaya belerang dapat mencegah kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut lebih sehat.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya (Sumber Gambar: Freepik @jcomp/Lingkarjateng.id)

Kandungan vitamin A, C dan E pada gel lidah buaya dapat membantu regenerasi pertumbuhan sel rambut. Selain itu, vitamin B12 dan asam folat dapat membantu mencegah rambut rontok.  

6. Bunga Chamomile

Bahan alami selanjutnya adalah menggunakan 6-7 bunga chamomile yang berwarna kekuningan. Anda dapat merendamnya di air hangat yang didinginkan selama 20 menit dalam wadah tertutup. Rendaman itu sebaiknya digunakan setelah Anda mencuci rambut. Gunakanlah sebagai air bilasan ke kulit kepala dan batang rambut. Anda tak perlu membilas ulang dengan air, tapi cukup keringkan menggunakan handuk.

7. Daun Sage

Untuk menggunakan daun sage, Anda dapat menggunakan 1 sendok makan daun sage yang dikeringkan sembari merendam ke dalam satu liter air mendidih. Kemudian, dinginkan selama 30 menit dan aduk perlahan. Gunakanlah air rebusan daun sage sebagai acairan pembilas rambut.

Demikianlah bahan-bahan alami yang dapat mengobati rambut rontok secara alami rekomendasi Lingkarjateng.id. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

Azmi, Nabila. Hellosehat: Cara Mengatasi Rambut Rontok, dari Obat-obatan Hingg Bahan Alami. Diakses pada 6 Juni 2022, dari  https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-mengatasi-rambut-rontok/

Fadli, Rizal. (2021). Halodoc: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami. Diakses pada 6 Juni 2022, dari https://www.halodoc.com/artikel/cara-mengobati-rambut-rontok-secara-alami

Joseph, Novita (2021). Hellosehat: 5 Tanaman Herbal yang terbukti Ampuh Mengatasi Rambut Rontok. Diakses pada 06 Juni 2022, dari https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/tanaman-herbal-untuk-rambut-rontok/

Exit mobile version