Empat Menu Sederhana yang Cocok Menemani saat Hujan

santap siang

ILUSTRASI : Masyarakat tengah menikmati santap siang di salah satu rumah makan. (Nailin Risydan Al Anshori / Lingkar Jateng)

Untuk mengimbangi hawa dingin saat turun hujan yang terus menerus, tubuh membutuhkan banyak amunisi untuk pembakaran. Apalagi saat musim hujan juga banyak penyakit yang bermunculan dan mudah menyerang tubuh kalau daya imun menurun. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengisi asupan yang cukup.

Ada nggak sih yang sering bingung, “Mau makan apa hujan-hujan gini?”

Nah empat menu sederhana ini sangat cocok disantap saat turun hujan.

1. Bakso dan Mie Ayam

Kalau nggak bakso, ya mie ayam. Penggemar dua makanan yang berbeda jenis, tapi sering menyatu dalam satu gerobak ini termasuk makanan legendaris yang tergolong laris di Indonesia. Tak peduli cuaca, bakso dan mie ayam selalu jadi menu favorit, yang nikmat dan terjangkau. Saat hujan tiba, dua jenis makanan ini pasti menjadi primadona yang selalu banjir pembeli.

2. Sup

Indonesia sendiri terkenal dengan keragaman kulinernya. Termasuk beragam menu sup yang bahan dasarnya kaldu dan sayuran. Baik kaldu ayam maupun kaldu sapi, sama nikmatnya. Tergantung selera. Yang jelas, karena salah satu bumbu utamanya adalah lada, maka sop ini sangat cocok jadi menu andalan kala hujan. Selain lezat, juga ampuh menghangatkan badan. Terlebih menyehatkan, karena banyak sayuran juga yang terkandung di dalamnya.

3. Mie Instan

Selain mie ayam, mie instan juga termasuk menu yang cocok buat teman kala musim hujan. Kelebihan mie instan terletak pada kepraktisannya. Bayangkan, hujan-hujan, males ke mana-mana dan kita sudah punya stok mie instan, plus telur, dan sayuran di dalam almari es. Benar-benar praktis, tinggal rebus tanpa perlu keluar rumah saat cuaca tidak mendukung.

Tapi awas, jangan kebanyakan makan mie instan. Karena bisa merugikan kesehatan.

4. Nasi Goreng

Menu sederhana keempat yang bisa Lingkarjateng.id rekomendasikan adalah nasi goreng. Menu pemersatu bangsa, nih. Karena mudah cara memasaknya dan bisa menghemat uang dapur. Mengingat nasi goreng ini biasanya dimasak dari nasi sisa, alias nasi yang tidak habis disantap dan masih tersisa.

Bumbunya sederhana, cukup bawang dan cabe, garam plus kecap. Beberapa orang, bahkan tidak menyertakan garam ataupun kecap, sesuai riwayat kesehatan dan selera lidah masing-masing.

Nasi goreng ini lezat disantap saat hangat. Jadi pas untuk teman kala hujan tiba dan malas keluar ke mana-mana.

Nah dari empat makanan di atas, mana makanan favoritmu saat turun hujan? (Lingkar Network | Koran Lingkar Jateng)