Awas! Kebiasaan Sepele Ini Bisa Mempercepat Penuaan pada Kulit Wajah

Awas!-Kebiasaan-Sepele-Ini-Bisa-Mempercepat-Penuaan-pada-Kulit-Wajah

ILUSTRASI: Kulit wajah wanita. (5882641 from Pixabay/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Sebagian besar orang tidak menyadari bahwa proses penuaan pada kulit terjadi secara pelan-pelan. Selama ini, usia menjadi faktor utama penyebab penuaan. Penuaan bisa ditandai dengan munculnya kerutan dan bintik hitam. Ternyata, ada beberapa kebiasaan sepele yang menyebabkan lebih cepat terjadinya penuaan pada kulit wajah.

Sebelum lanjut membaca, cari tahu juga ciri – ciri penuan kulit berikut :

Cek Diri Kamu! Ini Tanda Penuaan Kulit yang Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa hal yang mempercepat penuaan kulit :

  1. Makan Junk Food
  2. Merokok
  3. Menggunakan Sedotan
  4. Posisi Tidur yang Salah
  5. Tidak Merawat Kulit dengan Baik

1. Makan Junk Food

Lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan cepat saji, tidak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun juga memperkeras arteri atau menyempitkan pembuluh darah yang bisa melemahkan aliran darah ke kulit dan menyebabkan penuaan dini.

2. Merokok

Merokok menjadi salah satu penyebab keriput terbesar. Menyedot rokok di mulut tidak hanya menyebabkan garis-garis halus, tetapi racun dari rokok itu sendiri dapat membuat kulit menua.

3. Menggunakan Sedotan

Menyedot minuman dengan sedotan sama halnya dengan menyipitkan mata yang dapat menyebabkan kerutan di sekitar mulut. Hal ini karena melibatkan kontraksi otot di sekitar bibir. Jika dilakukan terus menerus, kerutan akan menjadi lebih dalam dan lebih jelas.

4. Posisi Tidur yang Salah

Tengkurap dan menempelkan wajah pada bantal saat tidur dapat memunculkan lipatan di wajah. Dan terlentang merupakan posisi teraman bagi regenerasi kulit wajah. Namun jika kamu terbiasa tidur miring, sebaiknya gantilah sarung bantal dari bahan yang lembut agar nyaman bagi kulit wajah.

5. Tidak Merawat Kulit dengan Baik

Sebaiknya, sebelum tidur bersihkan wajah dari kotoran, debu, dan sisa make up. Lalu, gunakan pelembab agar kulit tidak kering, dan membantu meregenerasi kulit. Saat siang hari, jangan sampai kamu lupa menggunakan tabir surya. Memakai tabir surya setiap hari merupakan kebiasaan terbaik yang bisa dilakukan agar awet muda.

Baca Juga :

Wajib Tahu! Ini Cara Praktis Mencegah Penuaan Dini pada Kulit Wajah

Dari kebiasaan sepele di atas, mana kebiasaan yang sering kamu lakukan? Mulai sekarang, sebaiknya kamu hindari kebiasaan-kebiasaan di atas agar kulit sehat dan awet muda. (Lingkar Network | Shinta – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version