7 Barang yang Wajib Dibawa saat Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

ILUSTRASI: Terjebak macet saat mudik lebaran. (Sumber Gambar: Freepik @freepik)

ILUSTRASI: Terjebak macet saat mudik lebaran. (Sumber Gambar: Freepik @freepik)

Lingkarjateng.idTak terasa, sebentar lagi lebaran akan tiba. Bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman, perlu menyiapkan kondisi yang prima. Pasalnya, saat mudik perjalanan jauh, gangguan seperti terjebak macet, kendaraan mogok dan bermasalah menjadi kendala yang dapat menghambat perjalanan mudik Anda.

Anda tentunya  harus menyiapkan berbagai perlengkapan tambahan sebagai pencegahan jika situasi yang tak diinginkan terjadi saat perjalanan mudik Anda. Ingat, perlengkapan khusus di dalam mobil bukan ban cadangan saja, Anda perlu menyiapkan barang-barang lain.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum barang-barang yang dapat Anda bawa agar perjalanan mudik lebaran Anda aman.

1. Ban Serep

Ban serep sangat penting diperlukan untuk mengganti ban mobil yang mungkin mengalami bocor atau pecah di tengah perjalanan ketika mudik. Beberapa mobil kendaraan, ban serep biasanya ditempatkan di bagasi bagian belakang, kolong mobil hingga di pintu belakang.

Apa Saja Tips Meninggalkan Rumah saat Mudik?

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

2. Dongkrak

Dilansir dari suzuki.co.id, dongkrak dapat membantu mengganti ban mobil yang bocor atau kempes, memperbaiki sistem pengereman dan pemeriksaan serta membantu dalam proses pengecekan mesin di bawah mobil.

Sumber Gambar: Freepik @freepik

Anda dapat memasang jack stand agar pemasangan catalytic converter lebih mudah. Pastikan, dongkrak diletakkan di bawah mobil kemudian dipompa dan diputar tuasnya. Demi keamanan, pastikan mobil Anda terparkir di tempat datar untuk membantu memudahkan penggunaan dongkrak. Selain itu, gunakan rem tangan untuk memastikan mobil tidak bergerak saat didongkrak. Jika diperlukan, gunakan balok atau batu untuk mengganjal ban di setiap sisi agar tidak bergerak.

Pastikan, dongkrak bekerja dengan baik dan pilihlah dongkrak yang sesuai dengan badan mobil. Hindari mendongkrak mobil lebih dari 15 centimeter dan yang lebih berbahaya memasukkan bagian tubuh pada kolong mobil yang didongkrak. Terlebih, mobil hanya menggunakan dongkrak mobil sebagai tumpuan utama. Jika harus masuk ke kolong mobil, pastikan menggunakan jack stand agar lebih nyaman.

3. Buku Manual

Memang banyak yang menyepelekan buku manual, padahal berisi banyak informasi terkait mobil yang dapat menjadi rujukan ketika mengalami gejala mobil yang tak lazim selama perjalanan mudik lebaran.

Bagaimana agar Aman Berkendara Sepeda Motor saat Mudik Lebaran?

Tips Aman Mudik Lebaran Naik Sepeda Motor

4. Kabel Jumper

Ada baiknya Anda membawa komponen ini untuk membantu mobil mogok karena aki tekor. Aki mobil yang sudah soak biasanya akan menunjukkan beberapa tanda-tanda seperti lampu yang redup, bunyi klakson yang melemah hingga indikator spidometer yang mati. Dengan jumper aki, Anda dapat menghidupkan kembali aki yang mati.

5. Senter

Sumber Gambar: Freepik @freepik

Senter membantu penerangan saat mobil dalam kondisi darurat ketika malam hari. Meski terkadang keadaan ini dapat diakali lampu dari ponsel, tapi akan lebih berguna jika menggunakan senter.

6. Cairan

Ada baiknya saat mudik lebaran, Anda menyiapkan cadangan oli mesin, cairan rem dan cairan radiator. Dilansir dari astra-honda.com, cairan rem atau minyak rem membantu mendorong piston di kaliper rem agar kampas bisa menjepit cakram sesuai dengan tekanan saat tuas master rem ditarik.

Selanjutnya, minyak rem dapat mengurangi panas akibat gesekan logam pada komponen sistem pengereman yakni kampas dan cakram. Setiap 24.000 km, minyak rem perlu diganti. Namun, jika warnanya sudah mulai keruh dan volumenya berkurang, Anda juga perlu menggantinya.

Kondisi minyak rem yang buruk bisa merusak seal karet di master rem dan seal di kaliper rem serta berkaratnya saluran minyak rem. Dampaknya, cairan rem akan bocor dan berpotensi membuta rem ‘blong’.

Bagaimana Cara Mengatur Waktu Tidur saat Puasa Ramadhan?

5 Tips Mengatur Waktu Tidur saat Puasa Ramadhan

Sedangkan, cairan radiator berguna untuk mendinginkan mesin agar temperaturnya tetap stabil. Senyawa kimia yang terdapat didalamnya juga berfungsi sebagai proteksi pada bagian sistem pendingin dan menjaga karet agar tetap lentur dan tidak cepat mengalami pemuaian yang dapat menyebabkan menjadi kaku.

7. Pengukur Tekanan Ban

Dilansir dari Daihatsu, alat pengukur ban merupakan aksesoris tambahan yang membantu mengontrol tekanan ban mobil agar tetap ideal, menunjang keawetan ban mobil dan meningkatkan performa mobil.

Selain itu, fungsi yang paling penting adalah soal kualitas dan keakuratannya. Anda dapat membayangkan jika alat pengukurnya tidak akurat, ketika tekanan ban sudah ideal padahal kenyataannya tidak, hal ini dapat membahayakan Anda ketika mudik lebaran.

Sumber Gambar: Freepik @freepik

Demikianlah barang penting untuk keperluan mobil sebagai persiapan ketika mudik lebaran. Semoga mudik lebaran Anda menyenangkan. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Sumber Referensi:

Astra-honda.com. Jangan Sepelekan Minyak Rem, Risikonya Bisa Fatal. Diakses pada 21 April 2022, dari https://www.astra-honda.com/article/jangan-sepelekan-minyak-rem-risikonya-bisa-fatal#:~:text=Fungsi%20dan%20Kerja%20Minyak%20Rem,pengereman%2C%20yakni%20kampas%20dan%20cakram.

Daihatsu.co.id. (2021). Memiliki Peranan Penting, Yuk Kenali Fungsi Air Radiator pada Mobil. Diakses pada 21 April 2022, dari https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/memiliki-peranan-penting-yuk-kenali-fungsi-air-radiator-pada-mobil/

Daihatsu.co.id. (2020). 5 Merek Alat Pengukur Tekanan Ban yang Bagus. Diakses pada 21 April 2022, dari https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/5-merek-alat-pengukur-tekanan-ban-yang-bagus-/

Suzuki.co.id. Dongkrak Mobil: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya. Diakses pada 21 April 2022, dari https://www.suzuki.co.id/tips-trik/dongkrak-mobil-fungsi-jenis-dan-cara-menggunakannya?pages=all

Suzuki.co.id. Perhatikan, Ini Cara Jumper Aki Mobil Dengan Benar dan Aman. Diakes pada 21 April 2022, dari https://www.suzuki.co.id/tips-trik/perhatikan-ini-cara-jumper-aki-mobil-dengan-benar-dan-aman?pages=all

Suzuki.co.id. Ternyata Ini Fungsi Air Radiator Motor yang Kita Harus Tahu. Diakes pada 21 April 2022, dari https://www.suzuki.co.id/tips-trik/ternyata-ini-fungsi-air-radiator-motor-yang-kita-harus-tahu#:~:text=Fungsi%20khususnya%20adalah%20untuk%20transit,blok%20mesin%20ke%20bagian%20selanjutnya.