5 Tips Quality Time Bersama Keluarga di Rumah

QUALITY TIME: Menghabiskan waktu dengan bermain permainan bersama keluarga. (Freepik @tirachardz/Lingkarjateng.id)

QUALITY TIME: Menghabiskan waktu dengan bermain permainan bersama keluarga. (Freepik @tirachardz/Lingkarjateng.id)

Lingkarjateng.id – Apakah Anda sering berkumpul atau sekadar quality time bersama dengan keluarga? Keluarga merupakan kelompok terkecil dalam masyarakat dan memiliki peran sebagai pondasi setiap anggota, sebelum akhirnya dapat bersosialisasi dengan masyarakat luar.

Keluarga yang sering meluangkan waktu untuk quality time bersama keluarga akan memiliki ikatan emosional yang kuat dan dapat beradaptasi dengan baik. Dengan quality time bersama keluarga, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seru yang bisa dilakukan dari rumah saja.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum untuk Anda 5 tips menikmati quality time bersama keluarga di rumah.

1. Habiskan Waktu dengan Bermain Permainan

Bermain bersama keluarga (Freepik @tirachardz/Lingkarjateng.id)

Anda bisa mengajak anak bermain boneka untuk membantu mempertajam imajinasi, meningkatkan kreativitas, dan menambah kosakata.

Meluangkan waktu dengan anak juga berarti memberikan perhatian kepada mereka dan membuat anak merasa penting. Dengan adanya komunikasi yang baik pada saat bermain bersama, anak atau pun anggota keluarga lainnya akan lebih terbuka dan merasa lebih nyaman untuk mengomunikasikan segala hal.

2. Ajak Anak Berkebun

Berkebun (Freepik @ake1150sb/Lingkarjateng.id)

Salah satu kegiatan seru yang dapat dilakukan di rumah adalah berkebun bersama. Kegiatan ini memungkinkan orang tua untuk memberikan contoh yang baik yakni dengan merawat lingkungan dari langkah sederhana.

Saat anak sedang bersama orang tua, mereka akan melihat hal apa saja yang dilakukan dan meniru orang tua. Di saat inilah, Anda sebagai orang tua bisa memberikan contoh yang baik agar bisa diikuti oleh anak-anak agar bisa menjadi kebiasaan yang baik.

3. Menyiapkan Makan Malam Bersama

Makan bersama keluarga (Freepik @freepik/Lingkarjateng.id)

Waktu berkualitas saat makan malam bersama dapat dimanfaatkan untuk berbagi cerita keseharian anggota keluarga, pengalaman baru, atau sekadar berkomunikasi sebagai langkah positif untuk membangun hubungan yang sehat.

Momen ini dapat menjadi lebih hangat jika semua anggota keluarga bersama-sama menyiapkan makan malam.

4. Menonton Film Favorit

Menonton film (Freepik @tirachardz/Lingkarjateng.id)

Kursi atau sofa di ruang keluarga jika ditata dengan baik dapat membuat momen menonton film favorit semakin berkualitas. Agar momen rebahan bersama keluarga menjadi semakin nyaman, Anda dapat menambah bantal kursi empuk dan lembut. Selain itu, Anda dapat menyiapkan camilan sebagai pelengkap menonton bersama keluarga.

5. Ceritakan Masa Kecil dan Silsilah Keluarga

Sebelum tidur, Anda sebagai orang tua dapat menceritakan sejarah keluarga dan masa kecil. Mungkin si kecil juga belum banyak mengenal anggota keluarga. Nah, Anda dapat memperkenalkan silsilah keluarga kepada anak-anak. Kegiatan ini bertujuan agar seiring bertumbuhnya dewasa, anak stay true to their roots.

Demikianlah, 5 tips quality time bersama keluarga di rumah. Semoga informasi ini membantu Anda. (Lingkar Network | Lingkarjateng.id)

Exit mobile version