5 Rekomendasi Makanan Khas Viral di Pati

Tugu Pati Tani (Dok. Instagram @kota_pati/Lingkarjateng.id)

Tugu Pati Tani (Dok. Instagram @kota_pati/Lingkarjateng.id)

PATI, Lingkarjateng.id – Jalan-jalan di Kabupaten Pati rasanya kurang pas jika tidak mencicipi makanan khas Pati. Lahirnya menu-menu spesial di Pati sangat cocok dengan lidah orang Indonesia, apalagi dengan harga yang murah dan tidak menguras kantong.

Berikut 5 rekomendasi makanan khas viral di Kabupaten Pati rekomendasi Lingkarjateng.id

Soto Kemiri

Menu makanan khas pati pertama yang wajib untuk dicoba adalah soto kemiri. Kuah kental berwarna kuning pekat dari kemiri, kunyit dan santan menjadikan soto kemiri memiliki rasa yang berbeda dibanding soto pada umumnya. Soto kemiri biasanya disajikan dengan daging ayam, taoge, bawang goreng, jeruk nipis serta nasi putih.

Sumber Gambar: Instagram @ibu_bara

Nasi Gandul

Menu makanan khas pati yang kedua dan cukup melegenda ini sangat mudah ditemui di Pati. Dihidangkan dengan nasi putih beralaskan daun pisang, babat, potongan daging, telur bacem dan kuah kental yang manis dan gurih.

Sumber Gambar: Instagram @yuli_susie

5 Rekomendasi Tempat Nongkrong Viral di Pati

Petis Kambing Runting

Makanan Khas Pati Yang Ketiga adalah Petis runting, Petis yang mirip gulai ini, diolah dengan campuran tepung beras, sumsum tulang kambing (balungan) dan daging kambing. Petis runting memiliki rasa yang gurih dan pedas karena irisan cabai. Disebut sebagai petis runting karena bisa ditemukan di Desa Runting Tambaharjo, Pati.

Sumber Gambar: Instagram @menterikulinerpati

Mangut Ndas Manyung

Makanan Khas Pati selajutnya adalah mangut ndas manyung (gulai kepala ikan) tak disebutkan sebagai makanan khas Pati. Makanan berbahan dasar kepala ikan manyung ini memiliki rasa yang sangat pedas.

Sumber Gaambar: Instagram @mosyakur

Sego Tewel

Sego tewel biasanya disajikan di atas piring beralas daun jati, nasi dengan guyuran tewel atau nangka muda yang dimasak dengan santan.

Sumber gambar: Instagram @ahong_boker

Itulah 5 rekomendasi makanan khas viral dari Kabupaten Pati. Makanan mana yang menjadi pilihan favorit kamu? (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)

Exit mobile version