5 Hal yang Disiapkan Sebelum Mudik Lebaran dengan Mobil Pribadi

ILUSTRASI: Mudik lebaran (Sumber Gambar: Freepik @freepik)

ILUSTRASI: Mudik lebaran (Sumber Gambar: Freepik @freepik)

Lingkarjateng.idMenjelang lebaran, berbondong-bondong masyarakat bakal menyiapkan keperluan untuk mudik lebaran. Selain naik transportasi umum, banyak pemudik yang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan, sekira 40 juta orang diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi saat mudik lebaran. Untuk pemudik yang menggunakan mobil pribadi, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mudik agar perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman.

Berikut Lingkarjateng.id rangkum 5 hal yang harus Anda persiapkan sebelum mudik lebaran dengan mobil pribadi.

1. Pilih Kendaraan yang Sesuai Kebutuhan

Pilihlah mobil yang sesuai dengan kebutuhan keluarga, seperti mobil yang bagian dalamnya luas dengan kapasitas yang besar. Selain itu, pilihlah kendaraan yang memiliki fitur-fitur bermanfaat bagi pengemudi dan penumpang. Misalnya, mobil jenis multipurposed vehicle (MPV) yang memiliki kapasitas penumpang lebih banyak, sekitar 7-8 orang dapat naik dalam mobil tersebut.

Sebelum mudik, alangkah baiknya untuk melakukan perawatan lengkap dan menyiapkan sejumlah peralatan, seperti dongkrak, obeng, tang, kunci dan onderdil cadangan (busi, tali rem, tali kopling, ban).

Apa Saja Barang yang Perlu Dibawa saat Mudik Lebaran?

7 Barang yang Wajib Dibawa saat Mudik Lebaran dengan Kendaraan Pribadi

Jangan lupa untuk mengecek mesin mobil secara menyeluruh. Selain itu, periksa juga aki, radiator (mencegah mesin overheat), rem, ban dan oli agar kendaraan tidak rewel dibawa macet-macetan.

Jika Anda tak dapat mengecek sendiri, bawalah ke bengkel untuk memastikan kendaraan Anda dalam kondisi oke untuk dibawa pergi mudik.

2. Mempelajari Rute Terbaik

Sumber Gambar: Freepik @pressfoto

Memahami rute perjalanan mudik Anda terlebih dahulu adalah persiapan penting sebelum berangkat mudik. Pasalnya, saat mudik tentu kondisi jalan mengalami macet. Anda dapat memilih rute-rute yang sekiranya membuat Anda sampai ke tempat tujuan lebih cepat.

Selain itu, perhatikan juga lokasi peristirahatan (rest area) dan posko-posko kesehatan dari jalur yang Anda akan lewati. Anda dapat memanfaatkan aplikasi GPS seperti Google Maps atau Waze sebagai pemandu arah.

3. Kemasi Barang-Barang Jauh-Jauh Hari

Penting sekali untuk mengemas barang bawaan sejak 3-4 hari sebelum keberangkatan. Selain waktu persiapan yang lebih panjang, mengemas jauh-jauh hari berguna untuk mencegah benda-benda yang tertinggal.

Jika waktu berkemas Anda mepet saat hari H, ada kemungkinan akan tergesa-gesa dan lupa membawa barang bawaan. Buatlah list barang bawaan penting yang ingin dibawa, pastikan untuk tidak membawa barang yang terlalu banyak karena dikhawatirkan over muatan di mobil.

Apa Saja Tips Naik Motor saat Mudik Lebaran?

Tips Aman Mudik Lebaran Naik Sepeda Motor

4. Jaga Kondisi Tubuh

Tak hanya mobil yang harus diperhatikan, kondisi badan Anda juga wajib diperhatikan. Tidurlah yang cukup sebelum keberangkatan, pastikan Anda tidak begadang agar tubuh tetap prima.

Anda dapat mengonsumsi air putih yang banyak dan vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Sedia Bekal

Sumber Gambar: Freepik @freepik

Pastikan menyiapkan bekal yang cukup untuk perjalanan mudik Anda. Hal ini untuk menghindari kemungkinan kelaparan dan dehidrasi selama perjalanan. Apalagi, jika Anda mudik saat masih puasa Ramadhan, pastikan bekal Anda cukup untuk berbuka atau sahur. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika Anda terjebak macet dan tidak ada tempat makan untuk berbuka puasa atau sahur.

Demikianlah 5 hal yang dapat Anda dilakukan sebelum mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi. Semoga informasi ini membantu Anda. Selamat mudik. (Lingkar Network | Jazilatul Khofshoh – Lingkarjateng.id)